Sebanyak 10.817 kendaraan lintasi tol Pekanbaru-Dumai

id tol pekanbaru-dumai

Sebanyak 10.817 kendaraan lintasi tol Pekanbaru-Dumai

Gerbang Tol Pekanbaru di ruas Tol Pekanbaru-Dumai. Dokumentasi Hutama Karya

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat volume kendaraan sebanyak 10.817 kendaraan telah melintasi Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru – Minas.

“Pada Selasa (24/12), sebanyak 2.573 kendaraan masuk ke jalan tol melalui GT Pekanbaru dan terdapat 2.047 kendaraan keluar,” ujar Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Setelah dibukanya Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 secara fungsional pada Senin (23/12) lalu, Gerbang Tol (GT) Pekanbaru telah dilalui 553 kendaraan masuk dan 528 kendaraan keluar di hari yang sama.

Tren kenaikan ini berlanjut sampai hari Natal (25/12), dimana volume kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas meningkat menjadi 2.696 kendaraan masuk dan 2.420 kendaraan keluar tol melalui GT Pekanbaru.

Bersamaan dengan antusiasme masyarakat dalam menggunakan Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas, Hutama Karya selalu menghimbau pengguna jalan tol untuk selalu berhati-hati dalam berkendara. Pengguna jalan tol diharapkan selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga kecepatan berkendara yakni maksimal 60 km/jam.
Baca juga: Tarif tol Terpeka diberlakulan awal 2020

Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas ini rencananya akan dibuka secara fungsional sampai tanggal 2 Januari 2020 pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tol yang membentang sepanjang 9,5 km ini telah dilengkapi rambu-rambu dan marka jalan.

Selain itu, Hutama Karya juga telah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti dua unit Patroli Jalan Raya, Ambulans, hingga kendaraan patrol, dan dua Pos Porlantas di Simpang Masuk Ringroad KM19 dan di Simpang Perawang.

Sebelumnya Hutama Karya menyatakan Seksi I Tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau sepanjang 9,5 kilometer bisa dimanfaatkan warga saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 secara gratis.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menyatakan tol dengan panjang jalan utama 9,5 kilometer serta akses ring road 1,6 kilometer dan akses Minas 2,4 kilometer itu lulus uji laik fungsi (ULF).

Hutama Karya menargetkan ruas Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km tuntas pembangunan konstruksinya dan siap beroperasi pada Maret 2020. Tidak hanya hanya membangun fisik jalan tol saja, uniknya, Hutama Karya juga membangun enam perlintasan gajah di ruas tol Pekanbaru-Dumai ini, tepatnya di seksi IV yaitu daerah Kandis Utara dan Duri Selatan.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Sumatera dilewati 475.000 kendaraan