Pemkab Trenggalek dan Ponorogo jajaki kerja sama bangun Selingkar Wilis

id selingkar wilis, pembangunan ekonomi, pariwisata trenggalek,wisata trenggalek

Pemkab Trenggalek dan Ponorogo jajaki kerja sama bangun Selingkar Wilis

Arsip-Sejumlah pengusaha melihat banyak potensi dan peluang investasi di eks-perkebunan Dilem Wilis, Trenggalek. (ANTARA/HO)

"Kedatangan Pak Bupati Ponorogo ke Trenggalek ini untuk melihat potensi di kawasan Selingkar Willis. Beliau ingin menyambungkan Dilem Wilis yang ada di (Kecamatan) Bendungan, Trenggalek ini dengan Ngebel di Ponorogo. Konsepnya dengan bikin kerja sama
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Ponorogo, Jawa Timur sepakat untuk saling menjajaki rencana kerja sama antarkedua daerah dalam rangka mempersiapkan pengembangan potensi daerah menjelang dibukanya pembangunan Selingkar Wilis yang melintasi wilayah dua daerah ini.

Penjajakan kerja sama itu tersurat dalam pertemuan bilateral antara kedua pimpinan daerah, yakni Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Senin, di eks Perkebunan Dilem Wilis, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Tak hanya melihat potensi perkebunan kopi di dataran tinggi di Trenggalek, Ipong dan Arifin sempat meninjau jalur Selingkar Wilis yang sudah ada dan menghubungkan kedua daerah menggunakan kendaraan roda dua jenis trail.

"Kedatangan Pak Bupati Ponorogo ke Trenggalek ini untuk melihat potensi di kawasan Selingkar Willis. Beliau ingin menyambungkan Dilem Wilis yang ada di (Kecamatan) Bendungan, Trenggalek ini dengan Ngebel di Ponorogo. Konsepnya dengan bikin kerja sama satu paket wisata yang berkelanjutan," ujar Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, saat menerima teman sejawat sesama kepala daerah itu di Selingkar Wilis, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.
Baca juga: Warga mendukung pelibatan swasta dalam pengembangan Pantai Mutiara Trenggalek

Arifin atau Mas Ipin menambahkan, wisatawan inginnya satu jalan itu bisa dapat banyak objek wisata. Bila itu di dapat dalam satu kabupaten sulit, sehingga perlu ada kerja sama antardaerah.

"Termasuk bila nanti ada partner atau mitra kerja yang ingin masuk bekerja sama, mungkin akan ada role atau kemudahan investasi yang bisa diberikan bersama-sama antara Trenggalek dan Ponorogo," katanya pula.


Sedangkan untuk pengembangan Selingkar Wilis di Trenggalek, Bupati Arifin menerangkan bahwa pihaknya bakal mengembangkan aneka usaha mikro, kecil dan menengah.

Tak hanya menggarap di area hulu dalam mata rantai produksi, Pemkab Trenggalek juga menyiapkan pengembangan ekonomi kerakyatan lain di kawasan Selingkar Wilis Trenggalek.

"Sekarang masih fokus di kopi, dan ke depan akan digabungkan dengan peternakannya sehingga platform pariwisatanya nilainya bisa banyak," katanya.
Baca juga: Investor mengembangkan Wisata Pesisir Trenggalek sistem "crowdfunding"

Selain nilai sejarah kebun kopi di Dilem Wilis ini, Pemkab Trenggalek juga akan fokuskan di olahan susunya juga. "Biar nanti mau ngopi atau mau bikin kopi susu bisa ada di sini," katanya lagi.


Arifin mengungkapkan, pihaknya juga sedang mencari mitra untuk bisa mengelola kawasan Dilem Wilis ini bersama pihak desa, sehingga masyarakat sekitar bisa bikin "hospitality" nya bisa ditambah dengan glamping-glamping resort.

Dilem Wilis masih menjadi tujuan antara. Untuk tujuan utamanya masih di Kawasan Selatan yang mungkin hotel dan sarana pendukungnya sudah ada dan lebih siap, katanya pula.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar