LIPI teliti sampah plastik perairan Indonesia, uji kebenaran produsen sampah terbesar

id Sampah plastik,mikroplastik,lipi,riset sampah,krisis sampah

LIPI teliti sampah plastik perairan Indonesia, uji kebenaran produsen sampah terbesar

Pelaksana tugas Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI, Nugroho Dwi Hananto saat diwawancarai awak media. LIPI melakukan penelitian terkait sebaran sampah plastik maupun kandungan mikroplastik yang diduga cukup banyak mencemari perairan Indonesia. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

"Penelitian ini juga menguji adanya anggapan Indonesia sebagai negara produsen sampah plastik kedua terbesar di dunia ke laut," kata Nugroho di Jakarta, Selasa.
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nugroho Dwi Hananto mengatakan sampai saat ini masih melakukan penelitian terkait sebaran sampah plastik maupun kandungan mikroplastik yang diduga cukup banyak mencemari perairan Indonesia.

"Penelitian ini juga menguji adanya anggapan Indonesia sebagai negara produsen sampah plastik kedua terbesar di dunia ke laut," kata Nugroho di Jakarta, Selasa.
Baca juga: Milenial diajak jaga kebersihan laut lewat Festival SDGs 2019

Untuk menguji anggapan tersebut, LIPI telah melakukan riset selama 37 hari terhitung 18 November hingga 25 Desember di sejumlah titik perairan Indonesia.

Dari penelitian tersebut, LIPI mengambil sampah plastik serta sejumlah sampel air dengan menggunakan botol khusus di empat titik selatan Jawa dan selat Makasar pada kedalaman yang berbeda-berbeda antara 2.000 hingga 3.000 meter.

Sampel tersebut nantinya dibawa ke laboratorium di Ambon kemudian dianalisis menggunakan mikroskop setelah melalui proses penyaringan dan tahapan lain.

"Kita saat ini masih dalam proses penelitian, mungkin butuh waktu enam bulan hingga satu tahun untuk mengetahui hasilnya," ujar dia.

Ia menjelaskan sampah plastik tidak hanya dalam ukuran besar, tetapi ada juga kandungan mikroplastik dalam skala yang jauh lebih kecil sehingga sampel air dibutuhkan untuk dianalisis.

Penelitian tersebut ingin membuktikan apakah Indonesia benar-benar negara penghasil sampah terbesar kedua ke laut. Karena, bisa saja selama ini sampah plastik masuk dari utara ke selatan atau dari negara-negara lain.
Baca juga: KKP berkomitmen kurangi sampah plastik di laut

Para peneliti akan membutuhkan waktu untuk menganalisis jenis plastik, dari mana arah datangnya, ukuran, letak siklus kemudian baru bisa disimpulkan apakah Indonesia benar-benar negara penghasil sampah plastik atau hanya dilewati sampah dari negara lain.

"Jadi penelitian ini memang membutuhkan banyak waktu karena yang diambil 33 sampel dengan berbagai kedalaman tadi," ujarnya.