ASDP Bakauheni catat penumpang pejalan kaki menyeberang ke Merak pada Senin 6.194 orang

id ASDP Bakauheni, Lampung, PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni

ASDP Bakauheni catat penumpang pejalan kaki menyeberang ke Merak pada Senin 6.194 orang

Dokumentasi- Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung saat angkutan Lebaran 2019. (Antaralampung.com/Ardiansyah)

Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry CabangbBakauheni menyebutkan total penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten tercatat sebanyak 6.194 orang pada Senin.

Penumpang dalam kendaraan sebanyak 39.308 orang. Adapun kendaraan roda dua sebanyak 813 unit. 

Kendaraan roda empat sebanyak 5.051 unit. Bus 439 unit, truk 2.222 unit.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni, Syaifullahil Maslul mengatakan situasi lalu lintas penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni pada Selasa ini terpantau lancar.

"Hari ini situasi di Pelabuhan Bakauheni normal, ramai tapi lancar, terpantau kendaraan roda dua dan empat dan penumpang pejalan kaki," katanya.

Syafulahil Maslul menyebutkan, menjelang Natal 2019, lonjakan jumlah penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak terjadi pada Minggu (22/12) kemarin.

"Lonjakan jumlah penumpang pejalan kaki dari Merak ke Bakauheni terjadi pada Sabtu 21 September, sebanyak 8.140. Kalau dari  Bakauheni ke Merak, lonjakan tertinggi jumlah penumpang terjadi pada hari Minggu tercatat 8.700  penumpang pejalan kaki," jelasnya.

Dia mengungkapkan arus penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Merak-Bakauheni pada Selasa siang  ramai.

"Penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak, tanggal 23 ini tujuh ribuan, dari Bakauheni ke Merak sudah 6 ribuan," jelasnya.

Terkait tren  penumpang, kenaikan penumpang menjelang Natal 2019 terjadi pada Sabtu dan Minggu kemarin.

Lonjakan penumpang menjelang Tahun Baru 2020, diprediksi juga bakal terjadi pada Sabtu dan Minggu.

"Trennya Minggu, setelah Natal ini prediksi kenaikan terjadi pada Sabtu dan Minggu, kalau awal tahun baru terjadi pada Kamis, tanggal 2 Januari puncaknya," jelasnya.