HK bagikan buku saku berkendara ke pengguna jalan tol

id Hutama karya, buku saku, jtts, jalan tol, tol lampung, tol trans sumatra

HK bagikan buku saku berkendara ke pengguna jalan tol

Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo membagikan selembaran buku saku SETUJU (SELAMAT SAMPAI TUJUAN) kepada pengendara yang melintas di gerbang tol bakauheni selatan (Foto : Antaralampung/Ekir F Saputra)

Dengan buku saku yang memuat berbagi informasi tentunya sangat membantu kami, paparnya
Lampung Selatan (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) resmi memulai kampanye SETUJU,  yang  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), ditandai dengan pembagian buku saku untuk pengendara di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung, Selasa.

“Pembagian buku saku ini merupakan kelanjutan dari kampanye SETUJU yang merupakan singkatan dari Selamat, Sampai, Tujuan, “ kata Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo, di Lampung Selatan, Selasa

Di gerbang Tol Bakauheni Selatan, Bintang bersama tim dari Hutama Karya membagikan buku saku ke setiap mobil yang memasuki tol.

Masyarakat tampak antusias membaca buku saku tersebut. Budi, salah satu pengemudi yang akan melintas di JTTS mengapresiasi langkah Hutama Karya selaku pengembang dan operator jalan tol membagikan buku saku.

Menurutnya buku saku ini membantu dirinya dalam berkendaraan melintasi JTTS.

“Tol Trans Sumatera terhitung baru, pengemudi belum begitu hafal fasilitas sepanjang ruas tol. Dengan buku saku yang memuat berbagi informasi tentunya sangat membantu kami," paparnya.

Begitu pula menurut Dhani,, pria asal Karawang, Jawa Barat ini mengaku baru pertama kali melintas di JTTS. Libur Natal dan tahun baru ia manfaatkan bersama keluarga untuk berwisata ke Palembang melewati jalur darat.

“Sekalian mencoba jalan tol baru,” katanya.

Dengan adanya buku saku ini, Dhani mengaku terbantu dan mengetahui fasilitas apa saja yang ada di JTTS. “Tak hanya itu, di buku saku ini juga terdapat eksplorasi tempat-tempat di sekitar gerbang tol,” ujarnya.  

Buku saku SETUJU berisikan  informasi terkait fasilitas JTTS, peta tol, dan lokasi rest area. Berisikan potensi-potensi di sekitar gerbang tol JTTS: rumah sakit, penginapan, tempat makan, SPBU, dan lokasi wisata. Informasi tersebut dilengkapi nomor telepon yang hendak dituju.

Selain itu, buku saku ini juga berisikan konten “how to” yang terdiri atas: gerakan-gerakan untuk menghilangkan penat, senam lima menit untuk menghilangkan kantuk, dan lain-lain. Selain itu, informasi juga dilengkapi cara memeriksa kendaraan yang penting dilakukan berkendara jarak jauh.

Sejak dibuka pada Juni 2018 hingga November 2019, beberapa kasus kecelakaan terjadi di ruas Jalan Tol Bakauheni-Simpang Pematang. Mayoritas kecelakaan diakibatkan karena kelalaian pengemudi yakni, kelelahan, mengantuk, dan tidak konsentrasi.

Hal inilah yang mendorong Hutama Karya untuk membuat kampanye persuasif untuk mengajak para pengemudi agar lebih berhati-hati dalam berkendara. Kampanye persuasif menjadi ajakan sekaligus membantu para pengemudi dalam memecahkan masalah kelelahan, mengantuk, dan tidak konsentrasi.

Hutama Karya resmi menerima penugasan pemerintah untuk mengembangkan JTTS penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) kedua terbesar bagi Indonesia.

Pengembangan jalan tol sepanjang 2.770 Km ini akan memperkuat konektivitas Pulau Sumatera yang  pada gilirannya akan meningkatkan perubahan ekonomi Sumatera.