Gaji tertinggi di dunia olahraga ada di pemain Barca, Real dan Juve

id gaji pemain barcelona,barcelona, real madrid

Gaji tertinggi di dunia olahraga ada di pemain Barca, Real dan Juve

Messi (kanan) , pemain andalan Barcelona dengan gaji di atas 50 juta poundsterling per tahun dan membuat pengeluaran klub tersebut semakin membengkak. (theguardian.com)

Jakarta (ANTARA) - Para pemain Barcelona dan Real Madrid serta juara liga Italia Juventus menjadi para pemain berbayaran paling mahal dalam dunia olahraga, demikian hasil sebuah survei yang dikeluarkan Senin waktu setempat seperti diwartakan ESPN.

Edisi kesepuluh penelitian Global Sports Salaries dari sportingintelligence.com menempatkan Barcelona pada puncak daftar dengan rata-rata gaji pokok pemain tim intinya 12,8 juta dolar AS.



Angka itu sebenarnya turun dibandingkan dengan tahun lalu ketika Barcelona juga memuncaki daftar dengan rata-rata penghasilan 13,7 juta dolar AS, terutama karena pengaruh penghasilan pokok Lionel Messi yang mencapai 65 juta dolar AS.

Real Madrid menduduki urutan kedua dengan rata-rata 11,6 juta dolar AS dan Juventus, yang menempati urutan kesembilan tahun lalu, melesat ke urutan ketiga dengan 10,54 juta dolar AS.

Klub-klub sepak bola lainnya yang berada pada daftar 20 klub top adalah PSG pada urutan ke-12 dan Manchester City pada peringkat 13.



Angka yang dipakai dalam survei ini merupakan bayaran pokok per tahun belum termasuk bonus, bonus penampilan dan bayaran ekstra lainnya.

Tim-tim NBA mengisi tujuh spot lainnya dalam 10 besar dan menempatkan 15 tim dalam daftar 20 teratas.

Pada 2017, tiga teratas adalah Oklahoma City Thunder, Cleveland Cavaliers, dan Golden State Warriors, sedangkan pada 2018 ketiga tim NBA memiliki rata-rata gaji pemain per tahun 10 juta dolar AS.

Tahun ini, Portland Trail Blazers menempati urutan keempat dengan hanya 10,4 juta dolar AS, Golden State menduduki urutan kelima dengan 10,28 juta dolar AS dan Oklahoma City jatuh ke urutan keenam dengan 9,8 juta dolar AS.



Dari tim berperingkat 21 sampai 30 besar tahun ini, sembilan di antaranya adalah tim-tim NBA, yang hanya diselipi Bayern Muenchen pada nomor 22.

Juventus berada pada urutan ke-32 pada 2017, tetapi melonjak ke urutan 10 tahun lalu setelah membeli Cristiano Ronaldo dan pemain-pemain mahal lainnya.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar