Waspadai hujan dan petir di sebagian Jakarta Minggu siang

id Cuaca Jakarta,Hujan Jakarta,Prakiraan Cuaca,BMKG

Waspadai hujan dan petir di sebagian Jakarta Minggu siang

Awan gelap menyelimuti langit di salah satu kawasan di Jakarta, Rabu (11/12/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam peringatan yang disampaikan di Jakarta bahwa hujan berpetir tersebut akan berlangsung dalam durasi singkat dan terjadi mulai siang atau sore hari.
Jakarta (ANTARA) - Hujan disertai petir diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Jakarta, terutama pada Minggu siang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam peringatan yang disampaikan di Jakarta bahwa hujan berpetir tersebut akan berlangsung dalam durasi singkat dan terjadi mulai siang atau sore hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dengan durasi singkat pada sore menjelang malam hari," tulis BMKG dalam laman resminya.
Baca juga: Siang ini, Jakarta diprakirakan akan diguyur hujan

Adapun cuaca Jakarta pada Minggu pagi, sebagian wilayah akan mengalami cerah berawan seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur dan sebagian wilayah Jakarta lainnya akan berawan, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Keadaan tersebut akan berlangsung hingga siang hari.

Pada siang hari, sebagian besar cuaca di Jakarta akan diguyur hujan dengan berbagai intensitas. Jakarta Barat dan Jakarta Timur akan diguyur hujan lokal.

Jakarta Pusat akan diguyur hujan berintensitas ringan dan Jakarta Selatan akan diguyur hujan disertai petir.

Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan berada dalam cuaca berawan.

Baca juga: BMKG peringatkan hujan dan angin kencang di Sumatera


Pada malam hari, hujan akan meluas ke seluruh wilayah DKI Jakarta. Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan diguyur hujan lokal. Sedangkan Jakarta Timur akan mengalami hujan ringan.

Adapun Jakarta Selatan yang pada siang hari mengalami hujan petir, di malam harinya hujan di wilayah ini akan berhenti dan cuaca berubah jadi berawan.

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 32 derajat Celsius dengan rincian Jakarta Barat (24-32), Jakarta Pusat (25-31), Jakarta Selatan (24-32), Jakarta Timur (24-32), Jakarta Utara (25-31) dan Kepulauan Seribu (27-30).

Adapun kelembaban udara di Jakarta berada antara 70 persen hingga 100 persen dengan rincian Jakarta Barat (70-100), Jakarta Pusat (75-95), Jakarta Selatan (70-100), Jakarta Timur (70-100), Jakarta Utara (75-95) dan Kepulauan Seribu (85-90).