DKP Lampung tingkatkan produksi rumput laut melalui program budidaya

id budidaya rumput laut,rumput laut lampung, dinas kelautan perikanan

DKP Lampung tingkatkan produksi rumput laut melalui program budidaya

Kasi Sarpras Budidaya dan Penanganan Pasca Panen Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Totok Bambang Ismanto saat memaparkan program budidaya rumput laut, Bandarlampung, Rabu 18/12/2019

Bandarl Lampung (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung merencanakan program pengembangan budidaya rumput laut di tahun 2020, guna menambah produksi komoditas tersebut.

"Rencananya tahun depan kami akan mengadakan berbagai program pengembangan budi daya rumput laut bagi petani rumput laut, semua telah di setujui hanya menunggu tanggal pelaksanaannya pada awal tahun", ujar Kasi Sarpras Budidaya dan Penanganan Pasca Panen Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Totok Bambang Ismanto, di Bandarlampung, Rabu.

Totok menjelaskan, pelaksanaan program pengembangan budidaya dilakukan dengan tujuan untuk menambah produksi rumput laut Lampung.

"Saat di lapangan kami menemukan dua jenis rumput laut yang dapat dikembangkan yaitu jenis kotoni dan spinosum, namun kedua jenis memiliki selisih harga yang berbeda," ujarnya.

Menurutnya, dua jenis rumput laut tersebut dapat ditemukan di beberapa tempat dan belum banyak yang memperhatikan.

"Dua jenis rumput laut tersebut dapat menjadi sumber daya kelautan bagi Lampung, namun karena keuntungannya hanya sedikit maka perlu perhatian ekstra agar semakin banyak masyarakat yang membudidayakan rumput laut, " ujarnya.

Ia mencontohkan harga rumput laut jenis kotoni kering dijual Rp16.000 per kilogram, sedangkan jenis spinosum hanya dijual Rp6.000/kg, selisihnya sangatlah jauh.

Menurut Totok, pengembangan budidaya rumput laut yang akan dilaksanakan dengan cara membagikan benih rumput laut, serta memberi bantuan sarana prasarana penunjang budidaya.

"Kami akan melaksanakan kegiatan budidaya ini di dua tempat yaitu di desa Ketapang dan Lubuk Tasik, Lampung Selatan dengan membagikan bibit, memberi sosialisasi serta membatu sarana prasarana agar produksi rumput laut bertambah kepada petani rumput laut" ujarnya.

Baginya, dengan adanya program yang akan terlaksana pada tahun depan diharapkan produksi rumput Laut Lampung dapat meningkat dan membantu kesejahteraan petani rumput laut di Lampung.

Baca juga: Sebagai upaya pencegahan dari kepanasan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel tebar benih ikan langka