Belasan ular kobra ditemukan di kloset warga Kembangan, Jakarta

id Ular kobra, kloset, kembangan, jakarta barat

Belasan ular kobra ditemukan di kloset warga Kembangan, Jakarta

Belasan ular kobra ditemukan di kloset rumah warga di Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/HO- Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Belasan ular cobra seukuran kurang lebih 20 sentimeter ditemukan di kloset kamar mandi warga di Jalan Langgar RT04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu siang.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kamar kloset kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta, Minggu.

Eko mengatakan sebanyak satu regu damkar, dengan empat anggota mengevakuasi belasan anak ular kobra tersebut. Penanganan kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Sementara waktu, belasan anakan ular kobra tersebut diamankan di Kantor Damkar Sektor Kembangan, Jakarta Barat.

"Rencananya ular tersebut bakal di serahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia di wilayah Serpong, Tangerang," kata Eko.
Petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat menangkap ular kobra yang bersarang di gudang bekas kolam warga Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/HO- Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat)


Hera, pemilik rumah mengatakan ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut memiliki saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.



Di lokasi tersebut, baik karyawan pabrik ayahnya maupun tetangga sekitar sering menemukan ular, karena tak jauh dari lahan kosong dan terdapat pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan. Diduga tempat tersebut menjadi sarang ular.

Namun karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, maka ular-ular tersebut kemungkinan mencari sarang lain.

"Belum lama juga tetangga saya menemukan ular sebesar paha orang dewasa ular di kloset, kepalanya mucul di tempat buang air tersebut," ujar Hera.

Tak hanya itu, Hera mengaku menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Oleh karena teror ular tersebut, Hera segera melaporkan ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagramnya.