Pemkab Indragiri Hulu optimalkan sejumlah objek wisata guna menarik wisatawan

id wisata inhu,obyek wisata inhu,pemkab inhu

Pemkab Indragiri Hulu optimalkan sejumlah objek wisata guna menarik wisatawan

Danau Raja (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat, Inhu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, melakukan berbagai strategi dalam rangka mengoptimalkan sejumlah objek wisata agar dikunjungi banyak wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga Pariwisata Indragiri Hulu Lishaizar di Indragiri Hulu, Minggu, mengatakan optimalisasi tersebut misalnya dengan membangun fasilitas pendukung, menggalakkan promosi dan membentuk kelompok pencinta pariwisata.

"Bupati menginginkan semua objek wisata menjadi target kunjungan wisatawan nasional," katanya.

Ia menyebutkan, sejumlah objek wisata yang menjadi prioritas pengembangan dan peningkatan di antaranya Danau Raja, Danau Meduyan, Makam Raja Indragiri, sejumlah air terjun, serta pacu sampan karena dinilai memiliki nilai ekonomi dan sejarah yang tinggi.

Langkah yang dilakukan oleh instansi terkait adalah peningkatan infrastruktur jalan untuk mempermudah akses pengunjung. Selanjutnya pembuatan sarana pendukung lainnya seperti tempat beristirahat dan arena bermain yang standar serta promosi ke berbagai daerah sehingga dapat dikenal secara luas.

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata juga menggandeng sejumlah organisasi dan kelompok/mahasiswa pencinta pariwisata agar promosi lebih optimal.

"Namun demikian, kami tetap berharap dukungan dari berbagai perusahaan dan masyarakat di lokasi wisata," katanya.

Obyek wisata yang tengah seirus digarap adalah Danau Raja. Danau tersebut merupakan salah satu objek wisata favorit ysng menjadi andalan Kabupaten Indragiri Hulu karena berada di tengah kota sehingga mudah dijangkau.

"Tidak semua daerah di Indonesia yang memiliki objek wisata di tengah kota dan memiliki nilai sejarah tinggi. Inhu adalah salah satunya karena itu yang menjadi target dan bisa dikenal luas," ujarnya.