SBY tunjuk Edy Irawan Arief isi jabatan Wakil Bupati Lampung Timur

id Sby, demokrat, pkb, zaiful bokhari,wakil bupati lampung timur, edy irawan arief

SBY tunjuk Edy Irawan Arief isi jabatan Wakil Bupati Lampung Timur

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari (tengah)/foto Dinas Kominfo Lampung Timur.

"DPP Partai Demokrat mengusulkan Dr Edy Irawan Arief sebagai calon Wakil Bupati Lampung Timur, yang mana surat ini ditanda tangani langsung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Panjaitan," ujar Bupati Lampung Timur Zai
Lampung Timur (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuk kader partai ini, Edy Irawan Arief, untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati Lampung Timur yang masih kosong, setelah Bupati Chusnunia Chalim menjadi Wakil Gubernur Lampung dan Wakil Bupati Zaiful Bokhari ditetapkan sebagai Bupati definitif.

"DPP Partai Demokrat mengusulkan Dr Edy Irawan Arief sebagai calon Wakil Bupati Lampung Timur, yang mana surat ini ditanda tangani langsung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Panjaitan," ujar Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari kepada wartawan di Sukadana, Lampung Timur, Jumat (13/12).
Baca juga: PKB Lampung Usulkan Imam Zuhdi Kandidat Wakil Bupati Lampung Timur

Zaiful Bokhari mengatakan surat usulan tersebut sudah diterima, dan pada Jumat sudah dikirim ke DPRD setempat untuk dibahas dan mendapat persetujuan.

Zaiful mengatakan posisi wakil bupati Lampung Timur sudah beberapa bulan kosong dan perlu segera diisi untuk membantu bupati menjalankan tugas.

"Posisi wakil bupati sangat penting dalam rangka memberi pengawasan. Saya memandang perlu dan sangat dibutuhkan," katanya pula.

Zaiful yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Timur itu menjelaskan riwayat munculnya nama kader Partai Demokrat Edy Irawan Arief sebagai calon Wakil bupati.

Menurut dia, usulan itu mengacu pada UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota, juga merespons surat Gubernur Lampung nomor: 32.18/2551/01/2019 tanggal 13 September 2019 tentang Pengisian Jabatan Wakil Bupati Lampung Timur sisa masa jabatan 2016-2021.

"Berdasarkan itu, saya  sudah minta dua partai pengusung, PKB dan Demokrat mengusulkan nama-nama calon wakil bupati Lampung Timur untuk diusulkan ke DPRD," katanya lagi.

Zaiful menyebut, khusus ke PKB, dia sudah tiga kali mengirim surat permohonan usulan nama calon wakil bupati. Namun, tiga kali surat permohonan itu dikirim, PKB tidak juga mengirim usulan nama calon wakil bupati.

"Sampai dengan saat ini, Partai Kebangkitan Bangsa belum mengirimkan nama calon wakil bupati yang akan dikirimkan ke DPRD," kata dia.
Baca juga: DPD Nasdem Lampung Timur buka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati

Adapun Partai Demokrat sudah mengirimkan nama calon Wakil Bupati yakni Dr Edy Irawan Arief.

Kendati demikian, Zaiful menyatakan masih tetap menunggu usulan nama calon wakil bupati Lampung Timur dari PKB.

Chusnunia Chalim dan Zaiful Bokhari pada Pilkada Lampung Timur 2015 mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Keduanya diusung PKB dan Partai Demokrat. Chusnunia dari PKB dan Zaiful dari Demokrat.

Pasangan ini memenangi pemilihan kepala daerah itu.

Pada Pilkada Lampung 2018, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Lampung berpasangan dengan Arinal Djunaidi. Kedua pasangan ini menang dan dilantik pada Juni 2019, sehingga posisi Bupati Lampung Timur diisi oleh Wakil Bupati Zaiful Bokhari. Sementara kursi wakil bupati masih kosong sampai sekarang ini.

 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar