Gubernur Lampung gandeng IHGMA kembangkan pariwisata dan kearifan lokal

id gubernur lampung arinal, ihgma lampung, jalan tol sumatera, pariwisata lampung

Gubernur Lampung gandeng IHGMA kembangkan pariwisata dan kearifan lokal

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama pengurus Indonesia Hotel General Manager Asosiation (IHGMA) Lampung, di Bandarlampung, Jumat. (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggandeng Indonesia Hotel General Manager Asosiation (IHGMA) Lampung mengembangkan pariwisata dengan kearifan lokal Lampung.

"IHGMA harus berkontribusi, mendukung, dan berjuang bersama saya dalam membangun pariwisata dan kearifan lokal Lampung," ujar dia di Bandarlampung, Jumat.

Menurut dia, Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa di bidang pariwisata dan kearifan lokal.

Baca juga: Arinal ajak perbankan sukseskan program Kartu Petani Berjaya

Lampung sangat potensial, mulai dari keindahan alam, kearifan lokal, dan penunjang lainnya. Oleh karena itu IGHMA harus turut andil dan mendukung dalam mengembangkan potensi pariwisata Lampung, jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan pada 2021 Bandara Raden Intan II akan menjadi Bandara Internasional yang dilengkapi dengan transportasi kereta api.

"Bandara ini akan menunjang kegiatan perhotelan di Lampung dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung," jelasnya.

Baca juga: Gubernur Lampung lantik 11 pejabat tinggi pratama hasil seleksi terbuka

Selain itu, dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) juga akan meningkatkan wisatawan ke Provinsi Lampung, seperti masyarakat Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"JTTS ini diharapkan akan meningkatkan titik pariwisata di Lampung," jelas Gubernur.

 Gubernur Arinal menjelaskan bahwa pihaknya juga akan membangun objek wisata di Lampung, seperti wilayah ekoturisme, agrowisata, tambling, pariwisata perikanan, dan membangun pulau-pulau yang menjadi tujuan wisatawan saat ini seperti Kiluan, Pahawang, serta membangun wisata terpadu Bakauheni yang akan terkoneksi dengan tempat wisata di Lampung.

"Nanti akan ada dua alternatif jalan yang dapat digunakan untuk menuju tempat wisata di JTTS dan jalur laut," jelasnya.

Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung, Gubernur Arinal juga akan mengadakan banyak wisata, seperti festival wisata, dan festival musik, dan festival lainnya.

Baca juga: Gubernur Arinal optimistis infrastruktur dorong pertumbuhan ekonomi Lampung

"Tentunya untuk mewujudkan semua itu, IHGMA harus mengambil peran dan berkontribusi positif dalam membangun dan meningkatkan pariwisata Lampung," ujar Gubernur Arinal.

Ketua IHGMA Lalu Aswadi Jaya menuturkan bahwa pihaknya siap mendukung kebijakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam meningkatkan pariwisata dan kearifan lokal Lampung.

"DPD IHGMA Lampung berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan industri Perhotelan dalam mendukung pariwisata di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Lalu Aswadi menjelaskan bahwa IHGMA telah melakukan berbagai kegiatan dalam mendukung dan meningkatkan pariwisata Lampung di antaranya pelatihan wira usaha, pelatihan manajemen wisata Dinas Pariwisata Pesawaran, melakukan kerja sama dengan sekolah perhotelan, menggelar Lampung hotel great sale dan mendukung festival kopi Lampung.

Pada tahun 2020, IHGMA juga akan melakukan workshop bagi siswa/mahasiswa di dunia perhotelan, food festival and launching Lampung great sale 2020.

IHGMA Lampung Family Trip and Table tap whole sale to Lampung, seminar pembinaan dan kerja sama IHGMA and UKM Lampung, dan workshop perhotelan untuk internal IHGMA antar hotel untuk meningkatkan kompetensi kerja.

Baca juga: Gubernur usulkan tujuh jalan provinsi di Lampung menjadi jalan nasional
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar