Jelang Natal Tahun Baru, produk makanan relatif aman bagi masyarakat

id BBPOM lampung, jelang natal tahun baru

Jelang Natal Tahun Baru, produk makanan relatif aman bagi masyarakat

Plt Kepala BBPOM Provinsi Lampung, Tri Suyarto tengah menjelaskan upaya pengawasan produk makanan jelang Natal dan Tahun Baru, Bandarlampung, Rabu 11/12/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Menjelang hari Natal dan Tahun Baru, produk makanan dan minuman relatif aman dan layak edar bagi masyarakat.

"Menjelang hari Natal dan Tahun Baru tentu banyak produk makanan serta minuman beredar di pasaran, sehingga sejak awal Desember kami telah mulai melakukan pengawasan dan sejauh ini belum menemukan makanan tidak layak edar," ujar Plt Kepala Balai Besar Pengawasan Obat Makanan (BBPOM) Provinsi Lampung,Tri Suyarto, di Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, pelaksanaan pengawasan telah dilaksanakan di beberapa kabupaten dan terus akan dilaksanakan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Sejauh ini dalam pelaksanaan pengawasan di sejumlah kabupaten belum ada temuan produk makanan yang tidak layak edar, dan untuk di Bandarlampung pelaksanaan pengawasan dalam tahap koordinasi dan akan terlaksana dalam waktu dekat," ujarnya.

Menurut Tri, saat ini banyak pelaku usaha, pedagang, serta produsen yang telah memiliki kesadaran akan kualitas produk makanan ataupun minuman sehingga jumlah produk tidak layak edar di pasaran mulai berkurang.

"Saat ini pelaku usaha telah banyak yang sadar bahwa harus menjual produk makanan dan minuman yang layak edar, tidak kadaluarsa, dan tentunya aman dikonsumsi masyarakat,dan BBPOM terus memberikan rasa aman dengan melakukan pengawasan serta sosialisasi," ujarnya.

Menurutnya, dalam menciptakan rasa aman di masyarakat BBPOM juga membutuhkan bantuan dari semua kalangan salah satunya dengan melaporkan temuan produk makanan atau minuman yang tidak layak edar ke BBPOM. 

"Kini masyarakat tidak perlu khawatir dengan produk makanan yang beredar, masyarakat hanya perlu cermat memilih dan memilah produk serta melaporkan bila menemukan ada produk yang tidak layak edar ke BBPOM, agar kami dapat segera menindak lanjuti, terlebih saat ini telah tersedia aplikasi BPOM untuk mengecek produk layak edar," ujarnya. 

Baca juga : Lampung gandeng BPOM edukasi keamanan pangan
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar