Pemprov Lampung percepat penanggulangan kemiskinan dengan program desa berjaya

id pemerintah provinsi lampung, program desa berjaya, percepatan penanggulangan kemiskinan

Pemprov Lampung percepat penanggulangan kemiskinan dengan program desa berjaya

Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung, Chandri, di Bandarlampung, Selasa (10/12/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan menetapkan lokasi program desa berjaya

"Langkah ini dilakukan sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung, dengan menetapkan lokasi program desa berjaya," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung, Chandri, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, program desa berjaya itu bertujuan mempertegas beberapa hal terkait permasalahan-permasalahan yang ada di desa-desa sangat tertinggal dan desa yang terdampak bencana di Provinsi Lampung.

Chandri menjelaskan harus dilakukan pemilahan berbagai permasalahan di desa yang dapat ditangani oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait.

Hal tersebut lanjutnya, dapat ditangani dengan menggunakan dana desa, yang dapat diintervensi oleh pihak ketiga serta yang dapat diselesaikan melalui swadaya masyarakat desa.

"Tidak hanya itu, setiap tindakan harus diperjelas dengan volume kegiatan, dimensi, faktor pendukung atau faktor penghambatnya serta rencana anggaran kegiatan dan waktu pelaksanaan," katanya.

Ia mengharapkan dengan memasukkannya ke dalam rencana strategis dan prioritas setiap perangkat daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan di pedesaan, setiap permasalahan dan potensi yang ada di desa lokasi program desa berjaya dapat diketahui, dipahami dan menjadi perhatian semua pemangku kepentingan terkait.

Chandri menilai pencampaian tujuan program desa berjaya dapat dikatakan berhasil, apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif dalam setiap pengambilan keputusan dan kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat itu sendiri.

“Namun hal tersebut tidaklah cukup bila sifatnya hanya mobilisasi masyarakat, oleh sebab itu bentuk partisipasi dalam rangka menyukseskan program ini perlu dipahami dengan baik," ujarnya.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar