Anugerah Adikarya Wisata 2019 diberikan ke 31 pelaku industri pariwisata

id adikarya wisata ,industri pariwisata,pariwisata jakarta

Anugerah Adikarya Wisata 2019 diberikan ke 31 pelaku industri pariwisata

Malam pemberian penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 kepada para pelaku industri pariwisata di Ibu Kota yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (6/12/2019) malam (Dokumentasi Disparbud DKI Jakarta)

Sebanyak 31 pelaku industri pariwisata di ibu kota memperoleh penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 31 pelaku industri pariwisata di ibu kota memperoleh penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Alberto Ali di Jakarta, Sabtu, mengatakan penghargaan diberikan kepada bidang usaha pariwisata dan jasa terkait yang telah berkontribusi nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta kepada masyarakat Indonesia dan wisatawan mancanegara.

"Adikarya Wisata merupakan menjadi kebanggaan bagi pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing dan meningkatkan kualitas. Acara ini juga menjadi pembuktian dan harapan baru untuk pariwisata Jakarta,” ujarnya.

Tahun ini merupakan tahun ke-21 penyelenggaraan, sejak penghargaan tersebut diselenggarakan pertama kali pada 1991.
Baca juga: Bukit Suligi di Rokan Hulu Riau peringkat pertama Anugerah Pesona Indonesia 2019

Adikarya Wisata 2019 merupakan penghargaan yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 tahun. Malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 diselenggarakan pada 6 Desember 2019.

Penghargaan Adikarya 2019 menetapkan 31 kategori penghargaan dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata untuk tahun ini.

Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga/Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan & Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata, dan Media Elektronik.

Dari pemenang 31 kategori diantaranya untuk Kategori Akomodasi Hotel Bintang 5 Grand Hyatt Jakarta, Kategori Restoran - Indonesia Formal Dining Bunga Rampai Menteng, Kategori Restoran - Indonesia - Tradisional Tesate Menteng, Kategori Jasa Boga/Katering - Mardika Catering, dan Kategori Kawasan Pariwisata -Taman Mini Indonesia Indah.

Kemudian Kategori Jasa Pariwisata - Balai Pertemuan JI Expo Kemayoran, Kategori Hiburan & Rekreasi - Sarana Rekreasi Keluarga Jakarta Aquarium, Kategori Maskapai Penerbangan - Garuda Indonesia, Kategori Transportasi Darat - Bus Wisata Big Bird, Kategori Atraksi Buatan - Museum yakni Museum Macan.

Kategori Unsur Pendidikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata yakni SMK 57 Jakarta, Kategori Unsur Pendidikan untuk Sekolah Tinggi Pariwisata yakni Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, sedangkan untuk Media Massa yakni Liputan 6.com dan TVRI.
Baca juga: Jawa Barat raih penghargaan destinasi wisata halal terfavorit pada ASR 2019

Dewan juri terdiri dari pakar di bidang pariwisata, dosen, dan hotelier, sepakat untuk meneruskan semangat mempromosikan Kota Jakarta dengan memilih pelaku usaha, usaha jasa, institusi, dan tenaga kerja, yang mampu berkontribusi nyata serta memberikan solusi kreatif dan inovatif.

Ketua Juri Adikarya Wisata 2019 Thamrin Bachri mengatakan Adikarya Wisata 2019 dapat menjadi motivasi bagi para pelaku usaha di industri pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas supaya dapat mempertahankan bahkan memperkuat branding Enjoy Jakarta.

"Hotel yang bersih, ramah lingkungan, ikut mendukung pelestarian budaya, hingga menyesuaikan servis dengan kebutuhan konsumen merupakan bentuk kepedulian terhadap branding dan dapat membantu meningkatkan kepuasan turis yang berkunjung ke Jakarta," katanya.