Pemkot Pariaman-Bank Nagari meluncurkan rumah kreatif buat kaum milenial

id Pariaman,rumah milenial

Pemkot Pariaman-Bank Nagari meluncurkan rumah kreatif buat kaum milenial

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (tengah) didampingi oleh Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank Nagari Restu Wirawan (kiri) menggunting pita pertanda diluncurkannya Rumah Kreatif di Pariaman, Sabtu (7/12/2019). Antara Sumbar/Aadiaat M.S.

"Di rumah kreatif ini dipajang produk UMKM yang ada di Kota Pariaman guna dipasarkan oleh kaum milenial melalui dunia digital," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat sambutan pada peluncuran Rumah Kreatif di Pariaman, Sabtu.

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bersama Bank Nagari meluncurkan Rumah Kreatif untuk memasarkan produk UMKM sehingga dapat menguasai perdagangan dunia digital melalui kreatifitas kaum milenial di daerah itu.

"Di rumah kreatif ini dipajang produk UMKM yang ada di Kota Pariaman guna dipasarkan oleh kaum milenial melalui dunia digital," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat sambutan pada peluncuran Rumah Kreatif di Pariaman, Sabtu.
Baca juga: Milenial Kota Palembang perlu prioritaskan beli tanah dan rumah

Genius Umar mengatakan pemasaran produk melalui dunia digital tersebut karena perkembangan ekonomi saat ini lebih cendrung ke dalam jaringan (daring) atau online dari pada cara konvensional atau dipajang di toko.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan kaum milenial yang memiliki kreatiftas agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang difoto di rumah kreatif dan dipasarkan di dunia digital.

"Di rumah ini tempat milenial nantinya mengembangkan ide kreatifnya untuk memasarkan produk-produk UMKM di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman.

Menurutnya dengan milenial memiliki kreatifitas yang tinggi untuk memasarkan produk maka perdagangan dunia digital bisa dikuasai oleh generasi muda di daerah itu dan pendapatan pelaku UMKM di Pariaman akan meningkat.

Ia mengatakan peluncuran rumah kreatif tersebut bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Nusantara Nasional yang berlangsung dari 7-14 Desember yang untuk tahun ini Kota Pariaman menjadi tuan rumahnya.

"Ini merupakan momentum yang baik untuk Kota Pariaman," ujarnya.
Baca juga: Gaya hidup boros bikin generasi milenial sulit bisa beli rumah

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan rumah kreatif tersebut dikelola oleh kaum milenial yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

"Untuk operasionalnya kami menyediakan wifi gratis, studio mini untuk memotret produk guna dipasarkan melalui daring bahkan melalui website jual milik Pemko Pariaman yaitu Pariaman Mall," kata dia.

Ia menyampaikan pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan untuk pelaku usaha serta untuk milenial guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan memaksimalkan pemasaran.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank Nagari Restu Wirawan mengatakan dengan sistem yang digunakan di Rumah Kreatf tidak saja dapat membantu pelaku usaha namun juga meningkatkan perekonomian kaum milenial.

Ia mengatakan pihaknya akan mendukung penuh operasional Rumah Kreatif tersebut sehingga terus eksis untuk meningkatkan perekonomian serta pembangunan di Kota Pariaman.

"Jadi Rumah Kreatif ini harus diramaikan oleh kaum milenial, bila perlu menjadi pusat kegiatan dan kreativitas," ujar dia.
Baca juga: Generasi milenial didorong untuk memiliki rumah layak huni




 

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar