Lifter putri asal Lampung Bernedicta Babela bertarung di SEA Games 2019

id Bernedicta Babela, angkat besi, sea games, padopakan gajah lampung, wea games filipina

Lifter putri asal Lampung Bernedicta Babela bertarung di SEA Games 2019

Bernedicta Babela (Abel), lifter kelas 64 kg putri timnas angkat besi Indonesia pada SEA Games Filipina 2019, di sela latihan di kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina. Facebook/Paman Aris Marhaen (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -

Satu lagi warga Bumi Ruwa Jurai Lampung kini tengah berjuang membela Indonesia di SEA Games 2019 Filipina, 30 November-11 Desember 2019.


Dialah Bernedicta Babela, atlet angkat besi (lifter) putri kelas 64 kg binaan Padepokan Angkat Besi Gajah Lampung, Pringsewu, satu dari 10 lifter tim nasional (timnas) angkat besi Indonesia di gelaran ke-30 pesta olahraga terbesar Asia Tenggara itu.

Sehari-hari, Abel --sapaannya, adalah siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Pringsewu, Lampung, yang berkampus di Jl Mekarsari 288, Rejosari, Pekon Podosari, Kecamatan Pringsewu.

Sosok periang ini satu dari 841 atlit timnas Indonesia, dari total 1.303 orang atlit, pelatih, ofisial, tim medis, tim keolahragaan, dan lain-lain anggota kontingen Indonesia, dari 52 cabang olahraga (cabor) yang diikuti Indonesia dari total 56 cabor pertandingan.

Bersama Abel, skuad timnas cabor bertarget juara umum SEA Games 2019 dari Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) ini, diperkuat 4 lifter senior dan 5 lifter junior rentang usia di bawah 20 tahun lainnya.

Mereka antara lain lifter langganan juara dunia --juga asal Lampung, Eko Yuli Irawan (kelas 61 kg). Eko, peraih medali emas dan best lifter kejuaraan dunia junior di Ceko (2007), peraih perunggu Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012, dan peraih emas kelas 62 kg putra Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Selain keduanya, ada tiga lifter senior peraih perunggu 56 kg putra Asian Games 2018 Surahmat Wijoyo (55 kg putra), Deni (67 kg putra), dan Lisa Setiawati (45 kg putri).

Di barisan junior, ada Rahmat Erwin Abdullah (73 kg putra) dan empat lifter putri. Yakni, pemegang rekor dunia Windy Cantika Aisah (49 kg putri), Juliana Klarissa (55 kg putri), Putri Aulia Andriani (59 kg putri), dan Tsabitha Ramadani (71 kg putri).

Penelusuran, sejumlah foto eksklusif Abel dan tiga rekan putrinya di sela latihan di kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, diunggah oleh salah satu warganet, Paman Aris Marhaen, di laman Facebook, Minggu (1/12)

"Dari Pringsewu untuk Indonesia. Bernadic Babela Mei Study putra daerah siswa SMA 2 Pringsewu mewakili Indonesia pada SEA Games Filipina 2019. Lifter binaan padepokan Gajah Lampung, Abel bertanding pada cabang olahraga angkat besi putri kelas 64 kg. Mohon doa restu untuk hasil yang terbaik," tulis Aris.

Dari Tanah Air, Wakil Bupati Pringsewu Dr Fauzi saat dikonfirmasi, mengaku bangga dan berharap Abel turut mendulang medali.

"Tentunya bangga karena ada warga Pringsewu yang bisa mewakili Indonesia di ajang SEA Games dan berharap bisa menyumbang medali emas," ujarnya via WhatsApp, mendampingi Bupati Pringsewu Sujadi Saddad, Minggu petang.

Orang nomor dua di Bumi Secancanan itu optimis. "Saya yakin Abel yang sudah dilatih di Padepokan Gajah Lampung mempunyai percaya diri yang kuat sehingga bisa maksimal dalam bertanding," pungkas dia.

Diketahui, tuan rumah Filipina dan Vietnam bakal jadi lawan berat timnas angkat besi Indonesia dalam memperebutkan 10 medali pertandingan. Mantan ketua pelatnas angkat besi, kini pelatih kepala timnas angkat besi Indonesia Dirdja Wihardja menyatakan hal itu, seperti diwartakan Antara (12/7/2019).