Pemkab Garut siap kembangkan potensi wisata alam petualangan sekitar Cipanas

id Pemkab garut, wisata adventure, cipanas, wabup garut,wisata garut

Pemkab Garut siap kembangkan potensi wisata alam petualangan  sekitar Cipanas

Sebuah mobil mencoba jalur offroad di kawasan Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO Diskominfo Garut

"Dari Cipanas itu ada jalur adventure, ada bagus jalur adventure sekitar Gunung Guntur, ada batunya," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Sabtu.
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap mengembangkan potensi wisata alam petualangan di sekitar objek wisata Cipanas Garut, atau di kawasan sekitar Gunung Guntur, Garut, yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan bisa lebih lama berwisata di Garut.

"Dari Cipanas itu ada jalur adventure, ada bagus jalur adventure sekitar Gunung Guntur, ada batunya," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Sabtu.
Baca juga: Garut kembangkan 200 desa menjadi destinasi wisata

Ia menuturkan, Pemkab Garut terus berupaya mengembangkan destinasi wisata agar lebih menarik dan membuat wisatawan nyaman selama berwisata di Garut.

Salah satunya, kata dia, mengembangkan wisata Cipanas Garut dan sekitarnya dengan harapan wisatawan tidak hanya berwisata satu hari, tetapi bisa sampai tiga hari.

"Kita mengembangkan wisata Cipanas Garut agar orang berwisata ke Cipanas itu jangan satu hari dua hari, mudah-mudahan bisa tiga hari," katanya.
Baca juga: Pemerintah Desa Cibatu di Garut bangun desa wisata budaya

Ia menyampaikan sekitar kawasan Gunung Guntur memiliki tempat yang menarik untuk dinikmati seperti pemandangan alam, bahkan bisa melihat matahari terbit maupun tenggelam. "Bisa menikmati sunrise atau sunset itu bisa di Cikahuripan," katanya.

Ia menambahkan, kawasan menarik lainnya yaitu sumber air yang selalu menjadi tempat tujuan wisata menuju puncak gunung.

Bahkan, lanjut dia, sekitar Gunung Guntur juga ada air terjun dengan pemandangan yang indah seperti gunung terbelah yakni sebelah kiri warna hijau dan sebelah kanan kering.

"Ada pemandangan yang sangat indah karena gunung seperti terpotong, sebelah kiri hijau, sebelah kanan kering," katanya.
Baca juga: Menpar meresmikan Pasar Wisata Digital Situ Cangkuang Garut

Potensi wisata lainnya, kata dia, kawasan perkebunan kopi yang cukup luas, bahkan bisa dijadikan tempat untuk minum kopi bersama di kawasan kebun tersebut.

"Ada kebun kopi sangat luas, bisa dijadikan tempat ngopi juga," katanya.