Gibran tiru etos kerja warga Jakarta

id Gibran, seminar bisnis

Gibran tiru etos kerja warga Jakarta

Gibran (kiri) saat mengisi acara "Antero Science Discussion" di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu. (Foto: ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga pengusaha kuliner Gibran Rakabuming Raka mengakui banyak meniru etos kerja warga Jakarta sebagai modal membangun bisnisnya.

"Mereka tidak mengenal lelah, berangkat saat Subuh dan kembali pulang ke rumah menjelang tengah malam," katanya saat mengisi acara "Antero Science Discussion" di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu.

Ia mengatakan pengamatan tersebut dilakukannya ketika membangun sejumlah bisnis di Jakarta. Beberapa yang dipelajari di antaranya kinerja, manajemen, dan pemasaran dalam menjalankan bisnisnya.

"Yang baik-baik seperti itu harus ditiru," katanya.

Sebagaimana diketahui, ayah dua ini memiliki sejumlah gerai kuliner di Jakarta, di antaranya Mangkokku dan Goola.

Bahkan, ia belum ingin membawa beberapa usahanya tersebut ke Solo karena karakteristik masyarakatnya yang berbeda.

Sementara itu, dikatakannya, pengalaman dalam berbisnis tersebut juga memberikan modal untuk terjun di dunia politik. Sebagaimana diketahui, Gibran saat ini sedang berjuang untuk masuk menjadi salah satu peserta Pilkada Surakarta 2020.

Sebelumnya, Gibran juga aktif mendorong generasi muda untuk berani merintis usaha mereka. Ia mengatakan muda adalah kekuatan karena para pemuda relatif lebih mudah dalam belajar dan diarahkan.

"Jangan takut dikatain 'cah enom, ora nduwe pengalaman' (anak muda, tidak punya pengalaman). Kalau ada yang mengatakan itu jangan didengerin," katanya.