Gubernur Arinal berharap PWI dapat berkontribusi dalam pembangunan

id Gubernur Lampung,Tjindraboemi PWI Lampung,PWI berkontribusi dalam pembangunan,pembangunan lampung

Gubernur Arinal berharap PWI dapat berkontribusi dalam pembangunan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberikan sambutan pada acara malam penganugrahaan Tjindraboemi PWI Lampung, Kamis (21/11/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dapat terus berkontribusi positif dalam setiap pembangunan sesuai dengan fungsinya sebagai kontrol dan sosial serta membentuk opini publik.

"Media dan pemerintah harus bersinergi dalam melaksanakan pembangunan," kata dia dalam sambutannya pada acara Malam Anugerah Tjindraboemi PWI Lampung, di Bandarlampung, Kamis (21/11).

Ia mengatakan bahwa pemerintah seharusnya tidak boleh memusuhi wartawan selama pemberitaannya kredibel dan memiliki konsistensi, bahkan bila perlu para jurnalis ini diberikan pemaparan terkait program kerja agar informasi apa yang akan dikerjakan oleh dinas dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

"Namun tidak semua informasi dapat diberikan kepada mereka," katanya.

Di sisi lain, Arinal mengatakan bahwa saat ini media pemberitaan berkembang sangat pesat terutama media online atau siber. Hal ini tentu membuat informasi dan berita akan cepat tersebar di masyarakat luas, termasuk berita-berita negatif dan hoaks.

Sehingga, lanjutnya, Pemprov Lampung mendukung penuh upaya atau usaha dari PWI dan Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas media baik itu dari sisi lembaga/perusahaan maupun para pewarta atau wartawannya.

Terkait perusahaan pers, lanjutnya, media mereka harus sesuai dengan ketentuan dewan pers seperti berbadan hukum, berbentuk PT dan terverifikasi.

"Kalau bisa juga pimpinan redaksinya harus memiliki kompetensi atau lulus uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat utama," katanya.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar