Kekuatan fiskal tahun anggaran 2020 diharapkan jadi stimulan pembangunan Lampung

id DIPA ABPN lampung,gubernur lampung

Kekuatan fiskal tahun anggaran 2020 diharapkan jadi stimulan pembangunan Lampung

Gubernur Lampung, dalam acara penyerahan (Daftar Isian Perencanaan Anggaran) APBN kepada perwakilan Kabupaten Kota, Bandarlampung, Kamis 21/11/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Kekuatan fiskal yang naik sebesar 4,19 persen di tahun 2020 diharapkan menjadi salah satu stimulan bagi proses pembangunan Lampung di masa mendatang.

"Kekuatan fiskal Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2020 naik dari Rp41,52 triliun pada tahun 2019 menjadi Ro43,23 triliun. Kekuatan tersebut berasal dari sumbangan APBD Kabupaten/Kota, APBD Provinsi dan APBN, sehingga diharapkan mampu menjadi salah satu stimulan bagi proses pembangunan Lampung," ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung telah memperoleh kenaikan DIPA (Daftar Isian Perencanaan Anggaran) APBN pada tahun 2020 sebanyak 7,92 persen atau naik sekitar Rp790 miliar yang telah diserahkan kepada seluruh satuan
kerja dan instansi di Lampung.

"Selanjutnya dukungan anggaran juga diperoleh dari APBD Provinsi Lampung tahun 2020 sebanyak Rp7,8 triliun dan dibantu dengan APBD Kabupaten/Kota sebanyak Rp24,77 triliun, sehingga total keseluruhan anggaran dapat menjadi
stimulan bagi pemerintah dan swasta untuk membangun Lampung," ujar Arinal.

Menurutnya, keberhasilan proses pembangunan Lampung tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun perlu dukungan dari masyarakat dan swasta, salah satunya melalui masuknya investasi ke Lampung.

"Proses pembangunan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi oleh seluruh masyarakat, terutama dalam menggerakkan investasi dari pihak swasta sebab Lampung tidak bisa dibangun hanya menggunakan anggaran pemerintah, namun perlu bersinergi dengan banyak pihak," ujarnya.

Koordinasi, sinergi antarpihak dan adanya kekuatan fiskal menjadi sarana untuk menyukseskan seluruh program pembangunan di Lampung.
 
Baca juga : Gubernur optimistis semua desa di Lampung berlistrik pada 2020
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar