KAI siapkan71.208 tempat duduk jelang Nataru

id KAI Drive IV,Kesiapan Nataru

KAI siapkan71.208 tempat duduk jelang Nataru

Humas PT KAI Drive IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo di Bandarlampung, Selasa (19/11/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Drive) IV Tanjungkarang, Lampung menyiapkan sebanyak 71.208 tempat duduk untuk perjalanan pada masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) kita menyediakan sebanyak 71.208 untuk masyarakat," kata Humas PT KAI Drive IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, untuk Nataru tahun ini diperkirakan ada kenaikan sebesar 1 persen. Pada tahun 2018, pihaknya menyediakan tempat duduk sebanyak 70.613.
 

"Kita prediksikan dari total itu, dilihat dari animo masyarakat juga kemungkinan kita akan tambah gerbong satu sampai dua gerbong," kata dia.

Dalam perjalanan Nataru tahun ini, lanjut Sapto, pihaknya menyediakan posko selama 20 hari ke depan. Posko tersebut akan ditempatkan di wilayah Tanjungkarang, Kota Bumi, dan Batu Raja.

Untuk masyarakat yang akan menggunakan kereta api, tiket akan dibuka sepuluh hari sebelum hari H. Selain itu pihaknya akan bersinergi dengan TNI-Polri, dan Dishub untuk pengamanan jelang Nataru.

"Kita akan BKO petugas, tapi berapa jumlahnya kita masih dalam pembahasan," katanya.

Sapto mengimbau untuk masyarakat yang akan mendapatkan tiket yang terbatas diharapkan calon penumpang bisa membeli melalui KAI akses yang akan dibuka pada tujuh hari sebelum berangkat.

"Itu lebih praktis, walaupun bisa membeli pada hari H juga, tapi saya tidak bisa menjamin dapat tempat duduk atau tidaknya," katanya lagi.