Spanyol, Swedia dan Norwegia tutup Grup F dengan kemenangan

id timnas spanyol,timnas swedia,kualifikasi euro,timnas norwegia,timnas rumania,timnas malta,timnas faroe,kualifikasi piala

Spanyol, Swedia dan Norwegia tutup Grup F dengan kemenangan

Para penggawa tim nasional Spanyol merayakan salah satu gol ke gawang Rumania dalam laga pemungkas Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Senin (18/11/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Javier Barbancho)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Spanyol, Swedia dan Norwegia kompak menutup laga pemungkas fase kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F dengan memetik kemenangan atas lawan masing-masing.

Spanyol, yang sudah lolos sejak sebulan silam, menggelar pesta gol dengan melumat tamunya Rumania 5-0 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, waktu setempat.



Fabian Ruiz membuka keunggulan Spanyol saat laga baru berusia delapan menit sebelum Gerard Moreno menyusul dengan raihan dwigol, demikian catatan laman resmi UEFA.

Moreno bahkan meraih trigol tak resmi, lantaran bola tendangannya yang berusaha dihalau bek Adrian Rus malah berujung gol bunuh diri dan mengantarkan Spanyol unggul 4-0 saat turun minum.

Kemenangan Spanyol dilengkapi menjadi 5-0 oleh Mikel Oyarzabal yang mencetak gol pada menit pertama injury time.

Spanyol menutup fase kualifikasi dengan raihan 26 poin di puncak klasemen akhir Grup F, sedangkan Rumania (14) tercecer di peringkat keempat. Pun demikian, Rumania masih berpeluang menyusul Spanyol ke putaran final melalui jalur playoff.

Swedia menang, Norwegia rebut posisi ketiga

Dalam dua laga lain yang berlangsung bersamaan Swedia dan Norwegia menang atas lawan masing-masing.

Swedia, yang dalam pertandingan sebelumnya memastikan mendampingi Spanyol ke putaran final, membungkan tamunya Kepulauan Faroe dengan skor 3-0 di Stockholm.

Gol-gol Sebastian Anderson, Mattias Svanberg dan John Guidetti mengantarkan Swedia melengkapi raihan total mereka menjadi 21 poin di urutan kedua klasemen akhir Grup F, sedangkan Faroe (3) di tempat kelima.



Di Stadion Nasional Ta' Qali, tim tamu Norwegia menang 2-1 atas Malta.

Gol cepat Joshua King sempat dibalas tuan rumah melalui Paul Fenech demi menyamakan kedudukan jelang turun minum. Alexander Sorloth jadi pencetak gol penentu kemenangan Norwegia.

Norwegia merebut posisi ketiga klasemen akhir dengan catatan 17 poin sebagai modal menggusur Rumania.

Sebagaimana Rumania, Norwegia juga sudah memiliki tiket playoff dan berebut memeperoleh satu dari empat tempat tersisa di putaran final.