Lampung siap hadapi musim penghujan

id pencegehan bencana, BPBD Lampung,mitigasi bencana,musim hujan

Lampung siap hadapi musim penghujan

Kasubid Pencegahan BPBD Provinsi Lampung AGP Mardiono menjelaskan tentang kesiapan Lampung menghadapi musim penghujan, di Bandarlampung, Sabtu (16/11/2019). (FOTO ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung siap menghadapi perubahan musim dan bencana di musim hujan dengan melaksanakan sosialisasi dan mitigasi bencana.

"Kami telah koordinasi secara berkala dengan BPBD kabupaten/kota untuk menyosialisasikan cara mitigasi bencana menjelang musim penghujan," kata Kasubid Pencegahan BPBD Provinsi Lampung, AGP Mardiono, di Bandarlampung, Sabtu.

Baca juga: Antisipasi bencana, BPBD tambah 55 personel

Ia menjelaskan tugas utama dari BPBD provinsi adalah mengkoordinasikan pencegahan dan penanggulangan bencana kepada BPBD kota ataupun kabupaten.

"Saat ini merupakan awal pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan sehingga perlu diadakan sosialisasi mitigasi bencana, guna mencegah terjadinya banjir ataupun tanah longsor," kata dia.

Baca juga: Angin kencang disertai hujan rusak 49 rumah

Menurutnya, dalam menghadapi pergantian musim semua pihak terkait sudah terkoordinasi dengan baik. BPBD kota ataupun kabupaten telah melaksanakan tugasnya untuk upaya pencegahah bencana banjir.

"BPBD kota salah satu contohnya, telah mencoba melakukan pemangkasan beberapa pohon di pinggir jalan guna mengurangi risiko pohon tumbang saat musim angin, dan telah mencoba membersihkan saluran air guna menanggulangi banjir," kata dia lagi.

Baca juga: Angin puting beliung rusak 82 rumah