Presiden AS Donald Trump ke rumah sakit cek kesehatan

id Presiden AS Donald Trump,cek kesehatan

Presiden AS Donald Trump ke rumah sakit cek kesehatan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan kampanye di Monroe, Louisiana, Amerika Serikat, Rabu (6/11/2019). (REUTERS/LEAH MILLIS)

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Sabtu (16/11) mulai menjalani pengecekan kesehatan tahunan di Walter Reed National Military Medical Center.

Di rumah sakit itu, ia menjalani pemeriksaan singkat serta beberapa tes laboratorium, kata Gedung Putih.

"Untuk mengantisipasi tahun 2020 yang akan sangat sibuk, Presiden mengambil kesempatan pada akhir pekan di sini di Washington, D.C., untuk mulai menjalani sebagian pemeriksaan kesehatan tahunan secara rutin di Walter Reed," kata Stephanie Grisham, juru bicara Gedung Putih, dalam pernyataan.



Ia mengatakan Trump pada kesempatan itu sekaligus menemui staf medis dan menyampaikan terima kasih atas dedikasi mereka merawat para tentara yang menderita luka-luka. Trump juga disebutkan bertemu dengan keluarga seorang anggota pasukan khusus, yang terluka di Afghanistan.

"Presiden tetap sehat dan energik tanpa ada keluhan, itu terlihat dari penampilannya yang selalu bersemangat dalam rangkaian kampanye di depan ribuan warga Amerika beberapa kali dalam seminggu," kata Stephanie.

Ia tidak memberikan keterangan rinci soal jenis pemeriksaan dan tes laboratorium yang dijalani Trump selama kunjungannya, yang kesembilan kali di rumah sakit tersebut.

Kunjungan Trump yang tak terduga dan tak terjadwal ke rumah sakit itu mengundang pertanyaan di media sosial karena pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan beberapa bulan sebelum jadwal pemeriksaan tahunan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. 



Trump tidak berbicara kepada media sebelum ataupun setelah kunjungan ke rumah sakit pada Sabtu.

Gedung Putih biasanya menentukan informasi apa yang akan diungkapkan menyangkut pemeriksaan kesehatan sang presiden. Trump tidak berkewajiban untuk memberitahukan informasi apa pun soal itu.

Pada Februari, Trump dinyatakan "sangat sehat" oleh dokter Gedung Putih setelah presiden AS itu menjalani pemeriksaan kesehatan selama beberapa jam.

Trump, yang dikenal sebagai penggemar hamburger dan bistik matang serta tidak suka menggunakan alat-alat olahraga, berat badannya bertambah pada 2017.

Penambahan berat badan itu membuat indeks massa tubuh Trump masuk pada kategori obesitas.



Sumber: Reuters