Pemprov Sumsel susun rencana induk pengembangan Pulau Maspari di OKI

id Pulau,Wisata,Pariwisata,wisata sumsel

Pemprov Sumsel susun rencana induk pengembangan Pulau Maspari di OKI

Wagub Sumsel Mawardi Yahya (Dok.Antara)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan menyusun rencana induk (masterplan) pengembangan Pulau Maspari di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi destinasi wisata.

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan menyusun rencana induk (masterplan) pengembangan Pulau Maspari di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi destinasi wisata.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Jumat, mengatakan langkah ini untuk merespons dukungan penuh pemerintah pusat atas program pemerintah daerah ini.

"Rencananya pulau ini akan dikembangkan menjadi lokasi destinasi wisata bahari dan sekaligus pusat perikanan," kata dia.
Baca juga: PT PLN kembangkan objek wisata air terjun curup buluh tujuh tingkat di Lahat

Selain menjajaki potensi perikanan dan pariwisata, pemerintah juga menjajaki peluang pengembangan bidang lain di pulau yang membutuhkan waktu enam jam dari Palembang melalui kapal cepat ini.

Ia mengatakan pulau paling timur Sumatera Selatan ini memiliki keindahan alam yang sangat alami seperti terdapatnya batu karang besar, pasir putih, serta air laut yang jernih.

Untuk menggapai pulau ini juga relatif mudah karena dapat ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 70 km dengan waktu kurang lebih tiga jam dari Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
Baca juga: Sriwijaya Ranau Gran Fondo diharapkan jadi kalender pariwisata tahunan

Kemudian, setelah perjalanan darat itu dilanjutkan dengan menaiki kapal cepat dengan waktu kurang lebih 15 menit dari Dermaga Selapan.

"Seperti pengembangan sebagai lokasi konservasi penyu dan pembudidaya benih udang," kata dia.

Ia menambahkan dengan perencanaan matang tersebut, pemprov optimistis Pulau Maspari bakal menjadi destinasi unggulan di masa datang.

Hal ini dilatari dukungan dari pemerintah pusat yang berarti bersedia mendukung ketersediaan sarana dan prasarana.
Baca juga: Kemenpar dukung Palembang dan Sumsel kembangkan wisata olahraga