Pemkab Sumba Timur membangun pusat kuliner wisata Pantai Londalima

id Pemkab Sumba Timur,Pantai Londa Lima Kabupaten Sumba Timur,Pariwisata Sumba Timur,Pusat kuliner di lokasi wisata,wisata sumba

Pemkab Sumba Timur membangun pusat kuliner wisata Pantai Londalima

Objek wisata Pantai Londa Lima di Kota Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Antara foto/Aloysius Lewokeda)

"Tahun ini kami lengkapi Pantai Londalima dengan membangun pusat kuliner, pembangunannya juga sudah selesai untuk dimanfaatkan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Risparia Ranggambani.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur membangun pusat kuliner di lokasi wisata Pantai Londalima yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di daerah paling Timur Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Tahun ini kami lengkapi Pantai Londalima dengan membangun pusat kuliner, pembangunannya juga sudah selesai untuk dimanfaatkan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Risparia Ranggambani, ketika dihubungi dari Kupang, Rabu.
Baca juga: Pemkab Sumba Timur membenahi fasilitas objek wisata Taman Matawai

Dia mengemukakan hal itu terkait dengan penataan objek-objek wisata unggulan di Kabupaten Sumba Timur untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Selain membangun pusat kuliner juga dilakukan penataan lokasi parkir pada objek wisata Pantai Londalima yang berada di Kota Waingapu ibu kota Kabupaten Sumba Timur.

Risparia mengatakan, penataan objek wisata itu dilakukan dengan dukungan anggaran dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sekitar Rp1 miliar lebih.

Dia menjelaskan, pemerintah setempat memprioritaskan penataan wisata Pantai Londalima karena merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan.

"Lokasinya juga mudah dijangkau dengan akses jalan yang bagus, juga pantai dan laut yang indah sehingga semakin ramai dikunjungi," katanya.
Baca juga: Kemagisan kuburan batu Ratenggaro jadi daya tarik

Dia menambahkan, arus kunjungan wisatawan ke Pantai Londalima yang tercatat saat ini dengan rata-rata sebanyak 200-300 orang per hari dan pada akhir pekan bisa mencapai lebih dari 500 orang.

Pihaknya berharap dengan upaya penataan yang dilakukan semakin memberikan kenyamanan bagi wisatawan sehingga minat kunjungan semakin meningkat.

Dia menambahkan, selain Pantai Londalima, sejumlah objek wisata pantai lain di Sumba Timur juga menjadi prioritas penataan seperti Pantai Purukambera, Pantai Watuparunu, Pantai Keriwai, dan Pantai Walakiri.
Baca juga: Kelola wisata kampung adat pemerintah desa di Sumba Barat menggunakan Dana Desa
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar