Panglima TNI sebut ancaman keamanan mudah terjadi pada era 4.0

id Panglima TNI,era 4.0,Hadi Tjahjanto, ancaman keamanan

Panglima TNI sebut ancaman keamanan mudah terjadi pada era 4.0

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) menyampaikan paparan disaksikan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kedua kanan), Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia (kiri), Irjen Kemendagri Tumpak Simanjuntak (kedua kiri) dan Kepala BPP Kemendagri Dodi Riyadmadji (kanan) saat diskusi Panel VIII Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj

Bogor (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan ancaman keamanan begitu mudah terjadi seiring berkembangnya revolusi industri 4.0.

"Bicara stabilitas keamanan tentunya kita berbicara tren aspek ancaman. Ancaman keamanan saat ini dengan berkembangnya revolusi industri 4.0 begitu mudah," katanya pada Rakornas Forkopimda Indonesia Maju di SICC, Bogor, Rabu.

Menurut Hadi, ada tiga sifat ancaman pada masa revolusi industri ini, yang pertama yaitu eskalatif, ancaman yang tiba-tiba muncul menjadi begitu besar.

Baca juga: Polda Lampung sampaikan prihatin mendalam kejadian bom bunuh diri di Medan

Sifat kedua, kata dia, ancaman yang dapat bergabung bahkan kadang-kadang bisa menjadi dua dan tiga bentuk.

"Ketiga adalah ancaman dengan tempo yang singkat, kita tidak membayangkan tiba-tiba terjadi, di Medan terjadi bom bunuh diri, ini adalah satu sifat dari ancaman tersebut," kata dia.

Untuk menjaga stabilitas dari ancaman tersebut, menurut Hadi, perlu sinergitas dari TNI, Polri, Forkopimda, dan pemerintah daerah.

Baca juga: Empat orang dari rumah pelaku bom bunuh diri di Medan dibawa polisi

"Dengan adanya tren ancaman, kita juga memerlukan satu organisasi yang adaptif yang langsung bisa bertindak. Kalau stabil, keamanan terjaga, terus terang pembangunan di wilayah pasti akan dilaksanakan dengan baik," kata Panglima TNI.

Baca juga: Kata Menkopolhukam bom Medan pintu masuk untuk bongkar jaringan terorisme
Baca juga: Polisi geledah rumah terduga bom bunuh diri di Medan