Jaga ginjalmu, karena biaya cuci darah sangat mahal

id Gagal ginjal, biaya cuci darah, mengatasi gagal ginjal

Jaga ginjalmu, karena biaya cuci darah sangat mahal

Ilustrasi - layanan hemodialisa (Antarafoto/Destyan Handri Sujarwoko)

Pontianak (ANTARA) - Dokter Umum RSUD Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat, Dr. Hygiena Kumala Suci menyebutkan menjaga ginjal sangat penting sebab jika fungsinya sudah bermasalah maka harus cuci darah dan itu terapi seumur hidup dengan biaya yang mahal.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cuci darah adalah terapi seumur hidup dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, yakni berkisar Rp800.000 – Rp1.500.000 setiap sesi tergantung tipe rumah sakit dan peralatan yang digunakan," katanya di Pontianak, Minggu.

Baca juga: Ingat ! Ibu hamil rentan kena penyakit ginjal

Dia melanjutkan pasien harus mengorbankan waktu anda 10-15 jam dalam seminggu untuk sesi cuci darah di rumah sakit. Oleh karena itulah kesehatan ginjal harus benar-benar dijaga.

Dokter pelaksana dialisis ini menjelaskan ginjal adalah salah satu organ penting bagi tubuh untuk mengeluarkan racun dan cairan berlebih dalam tubuh melalui air kemih.

"Bila terjadi kerusakan ginjal maka akan terjadi penumpukan racun dan air yang akan membahayakan tubuh hingga mematikan. Penurunan fungsi ginjal inilah yang disebut gagal ginjal," kata dia.

Baca juga: Ibu di Jawa Timur jual ginjal demi biaya pengobatan anak