Tambang Kanada di Burkina Faso diserang, 37 tewas dan puluhan hilang

id Semafo Kanada,Penyerang bus tambang,Burkina Faso

Tambang Kanada di Burkina Faso diserang, 37 tewas dan puluhan hilang

Ilustrasi: Tentara dari divisi kavaleri Burkina Faso (Reuters)

OUAGADOUGOU, Burkina Faso (ANTARA) - Puluhan orang dikhawatirkan masih hilang pada Kamis pascaserangan terhadap pekerja di dekat tambang milik Kanada di Burkina Faso yang menewaskan sedikitnya 37 dan melukai 60.

Serangan tersebut merupakan yang terburuk di negara Afrika Barat itu selama bertahun-tahun. 

Semafo, perusahaan tambang emas yang berbasis di Quebec, Kanada, mengatakan lima bus perusahaan dengan pengawalan militer mendapat serangan tembakan di jalan yang mengarah ke tambang Boungou di wilayah timur Est, sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Boungou, Rabu (6/11).

Identitas para penyerang tidak jelas, tetapi Burkina Faso sedang berjuang untuk memerangi kekerasan yang meningkat di daerah belukar timur dan utara yang terpencil.

Baca juga: Gereja diserang di Burkina Faso, empat warga tewas

Tidak jelas berapa banyak orang yang berada dalam konvoi, apa kewarganegaraan mereka atau berapa banyak yang hilang. Dua sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa sekitar puluhan orang belum ditemukan.

Pejabat pemerintah dan militer menolak berkomentar.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Kanada mengatakan sejauh ini tidak ada laporan mengenai warga negaranya yang terkena dampak.

Semafo memperketat keamanan tahun lalu, menyusul serangan yang menewaskan tiga pekerja dan lima pejabat keamanan. Langkah yang ditempuh termasuk menerbangkan karyawan asing ke tambang di helikopter dan menyediakan pengawalan militer darat untuk karyawan Burkinabe.

Burkina dulunya merupakan kantong yang relatif tenang di wilayah Sahel. Negara itu telah dirongrong pemberontakan dalam negeri selama tiga tahun terakhir, diperkuat oleh limpahan kekerasan jihadis dan kriminalitas dari tetangga di utara, Mali, yang kacau balau.


Baca juga: Serangan gerilyawan di Burkina Faso menewaskan 24 tentara

Baca juga: Pasukan komando Prancis bebaskan sandera di Burkina Faso, dua prajurit tewas
Sumber: Reuters


 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar