Kopi khas Way Kanan meriahkan Festival Kopi Lampung

id kopi lampung, kopi way kanan,festival kopi lampung

Kopi khas Way Kanan meriahkan Festival Kopi Lampung

Kopi asli Way Kanan hadir meriahkan Festival Kopi Lampung 2019, Bandarlampung, Sabtu 09/11/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Kopi aroma kakao khas Kabupaten Way Kanan dengan beragam merek dagang hadir pada Festival Kopi Lampung 2019.

" Kabupaten Way Kanan memiliki beragam jenis produk kopi dengan merek dagang berbeda, namun semua memiliki satu ciri khas,  yaitu memiliki aroma khas kakao di setiap seduhan, " ujar Rudianto, perwakilan Disperindag Kabupaten Way Kanan, di Bandarlampung, Sabtu. 

Menurutnya, Kabupaten Way Kanan yang berkesempatan mendapatkan penghargaan dari gubernur sebagai salah satu kabupaten penghasil kopi Lampung terbanyak, telah mendapatkan respons positif dari setiap pengunjung yang datang. 

"Pengunjung rata-rata telah mengenal ciri khas rasa kopi robusta Way Kanan, yang memiliki cita rasa unik yaitu sedikit asam, pahit dan beraroma kakao. Sejumlah pengunjung yang senang mengonsumsi produk asal Way Kanan datang kembali untuk membeli produk kami, " ujarnya. 

Menurut Rudianto, produk kopi khas Way Kanan ini merupakan hasil produksi IKM (industri kecil menengah) yang telah mendapat pendampingan dari dinas perindustrian dan perdagangan, agar dapat memproduksi kopi dengan kualitas baik dan memiliki ciri khas tersendiri. 

"Dinas perindag mengawasi dan memberi pendampingan secara langsung kepada IKM kopi sejak petik merah, fermentasi, roasting, penggilingan hingga siap seduh agar produk kopi tidak kehilangan ciri khas aroma kakao, " ujarnya. 

Baca juga : Di Festival Kopi Lampung, ada produk kosmetik berbahan kopi

Kopi robusta asal Way Kanan dengan aroma khas kakao dan memiliki sedikit cita rasa asam telah mencoba mengembangkan pasar lebih luas. 

"Kopi Way Kanan dengan beragam keunikan cita rasa dan aroma kini tengah mencoba mengembangkan pasar, salah satunya melalui media sosial dan memanfaatkan jaringan mahasiswa asal Way Kanan yang tersebar di seluruh daerah untuk mempromosikan produk kami, " tutur Rudianto. 

Menurutnya, dengan harga jual yang cukup murah berkisar Rp 20.000 hingga Rp 35.000 per bungkus, kopi asli Way Kanan telah dilirik oleh konsumen dari berbagai daerah. 

"Kopi Way Kanan, telah banyak dilirik oleh konsumen dari berbagai daerah karena kualitas, cita rasa, harga yang ramah terhadap konsumen, dan dalam jangka waktu dua hari pelaksanaan acara Festival Kopi Lampung produk kopi kami selalu habis terjual dengan kisaran lebih dari 20 bungkus, " ujarnya.