China tawarkan peluang bisnis kepada Taiwan

id Taiwan,China,China Taiwan

China tawarkan peluang bisnis kepada Taiwan

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen melambaikan tangan selama perayaan Hari Nasional Taiwan di Taipei, Taiwan, 10/10/2019. ANTARA/REUTERS/Eason Lam/tm

Beijing/Taipei (ANTARA) - China pada Senin meluncurkan sejumlah kebijakan yang menawarkan lebih banyak peluang bisnis dan penanaman modal untuk perusahaan Taiwan.

Namun, otoritas Taiwan mengingatkan rakyatnya kebijakan China itu merupakan "godaan" menjelang pemilihan 'presiden' pada Januari 2020.

Sejak Taiwan dipimpin oleh Tsai Ing-wen pada 2016, pemerintah China meningkatkan tekanan terhadap wilayah otonom dengan pemerintahan demokratis itu. China mengklaim Taiwan merupakan bagian dari negeri Tirai Bambu.

Tekanan itu diberikan karena pemerintah China khawatir terhadap rencana Tsai Ing-wen yang ingin Taiwan merdeka secara resmi.

Demi meningkatkan pengaruh, Beijing membidik perusahaan di Taiwan untuk berbisnis di China. Bahkan, pihak Beijing memaksa perusahaan-perusahaan asing untuk menuliskan dalam laman mereka bahwa Taiwan merupakan bagian dari China.

Selain itu, jet tempur China juga kerap berpatroli di wilayah udara Taiwan.

Walaupun demikian, otoritas Taiwan menduga peluang bisnis yang ditawarkan China dilatari kepentingan politik.

Baca juga: Menhan China: Penyelesaian 'soal Taiwan' adalah kepentingan nasional terbesar



Sumber: Reuters