Pemprov Jambi mendorong investor hadir perkuat destinasi wisata Kerinci

id destinasi wisata, festival kerinci,provinsi jambi,wisata kerinci

Pemprov Jambi mendorong investor hadir perkuat destinasi wisata Kerinci

Penari menampilkan Tari Tolak Bala saat pembukaan Festival Kerinci di Danau Kerinci, Kerinci, Jambi, Minggu (3/11/2019). Festival Kerinci yang digelar 3-7 November dengan menampilkan atraksi seni dan budaya setempat tersebut turut memeriahkan kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) yang pada 8 November nanti akan melintasi Kabupaten Kerinci dari Air terjun Telun Berasap menuju Danau Kerinci. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/foc.

"Perlu adanya investasi dari luar untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Kerinci agar lebih maju dan bisa mendukung perekonomian daerah khususnya masyarakat Kerinci," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov), Jambi mendorong hadirnya investor untuk memperkuat dan memajukan pariwisata di Kerinci yang merupakan salah satu destinasi unggulan di daerah itu.

"Perlu adanya investasi dari luar untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Kerinci agar lebih maju dan bisa mendukung perekonomian daerah khususnya masyarakat Kerinci," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto, di sela pembukaan Festival Kerinci 2019 di Kerinci, Minggu.
Baca juga: Peserta SMN asal NTT kunjungi objek wisata di Kerinci

Sekda Jambi menyebutkan Festival Kerinci merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan paradigma baru kepariwisataan dengan dasar pemikiran pemanfaatan keberadaan potensi sumber daya alam yang unik dan khas.

Selain itu juga mengangkat keunggulan dan keberadaan keanekaragaman hayati yang tersebar luas di daerah berjuluk "Bumi Sakti Alam Kerinci" itu.

Ia mengajak seluruh bupati/walikota yang ada di Provinsi Jambi untuk bersama-sama mengembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasiskan seni budaya.

Sekda meminta seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk menyambut dan memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya iven nasional seperti Festival Kerinci yang menjadi salah satu agenda tahunan pariwisata di daerah itu. Sehingga memberikan manfaat bagi kemajuan dunia kepariwisataan.
Baca juga: Pungli di objek wisata Kerinci Jambi

Pada kesempatan itu, ia mengajak masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan memadukan ide dan teknologi dalam mendukung pengembangan kawasan itu.

Ia mencontohkan Festival Kerinci merupakan ajang yang berbasis pada seni budaya, pariwisata dan ekonomi kerakyatan.

"Iven ini diselenggarakan dalam rangka ajang promosi dan pelestarian kepariwisataan Kabupaten Kerinci, baik wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang dimiliki Kabupaten Kerinci," ujarnya.

Melalui Festival Kerinci, Sekda juga mengimbau instansi terkait sektor pariwisata, seni dan budaya agar mampu mendefinisikan, merumuskan, dan merinci secara lebih akurat sasaran dan target kontribusi agar masyarakat dapat merasakan kontribusi perekonomian yang ditimbulkan.

Atas nama Provinsi Jambi, Sekda menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kerinci yang telah rutin mengawal dan menyelenggarakan Festival Kerinci.

Ia berharap iven tersebut berlanjut sehingga ke depannya pariwisata dan adat budaya Kerinci lebih dikenal dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.