Festival Sinergi serta Harmoni awali rangkaian Borobudur Marathon 2019

id festival sinergi harmoni awali rangkaian borobudur marathon

Festival Sinergi serta Harmoni awali rangkaian Borobudur Marathon 2019

Ilustrasi - Sejumlah pelari mengikuti Borobudur Maraton 2018 di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.

Magelang (ANTARA) - Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Festival Sinergi dan Harmoni sebagai bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno di Magelang, Minggu mengatakan melalui tema "Synergy and Harmony" Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng mengajak seluruh pihak yang terlibat, yaitu sponsor, penyelenggara, peserta, dan masyarakat lokal untuk bersinergi.

"Bersinergi dalam menciptakan keselarasan demi meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang," katanya.

Festival Sinergi dan Harmoni yang diselenggarakan bekerja sama dengan Harian Kompas itu merupakan wadah bagi komunitas dan warga lokal di sekitaran Candi Borobudur untuk berbaur menjadi satu agar terjadi keselarasan di antara mereka. Sinergi dan Harmoni antarwarga dinilai sangat penting mengingat faktor utama sukses sebuah pariwisata olahraga (sport tourism) yang berkelanjutan adalah peran aktif warga lokal untuk menjadi aktor utama dalam penyelenggaraan pariwisata olahraga.

Supriyatno mengatakan Festival Sinergi dan Harmoni yang diselenggarakan Sabtu (2/11) dikemas dengan memadukan perlombaan paduan suara dan majalah dinding (mading) untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, pertunjukan kesenian berupa tari soreng, dan pameran sajian 25 tenant makanan dan minuman Pasar Harmoni persembahan warga lokal yang dibimbing oleh para juru masak eksekutif yang berasal dari hotel-hotel di sekitaran Kota dan Kabupaten Magelang.

Festival Sinergi dan Harmoni tidak hanya bertujuan untuk membentuk keselarasan antarwarga lokal, tetapi juga ajang berlatih para tenant Pasar Harmoni untuk bisa melakukan transaksi nontunai dengan menggunakan uang elektronik, sebelum mereka tampil menyajikan makanan dan minuman pada acara puncak Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng pada 14 - 17 November 2019.

"Dengan berlangsungnya Festival Sinergi dan Harmoni, saya berharap bahwa 25 tenant Pasar Harmoni siap tampil pada perhelatan puncak Borobudur Marathon tahun ini," katanya.

Selain itu, 25 tenant Pasar Harmoni diharapkan dapat mengimplementasikan arahan yang telah diberikan oleh juru masak eksekutif hotel-hotel di sekitaran Kota dan Kabupaten Magelang yang bertindak sebagai mentor yang telah membimbing mereka melalui program mentoring lima bulan belakangan ini.

Para juru masak eksekutif, yang berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort, telah mengajarkan berbagai materi, baik yang berhubungan dengan kualitas kuliner maupun tata kelola bisnis kecil dan menengah.

Materi pembelajaran seperti cara menentukan standarisasi kebersihan, menentukan variasi rasa dan kemasan, dan menentukan biaya modal serta harga jual merupakan hal-hal yang telah mereka pelajari sejak program mentoring dimulai pada Juli 2019.

"Saya belajar banyak hal dari para Chef. Memang sulit untuk membuat materi yang diajarkan menjadi sebuah kebiasaan untuk kita. Tapi, ini adalah awal yang baik agar kita bisa lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik," ujar Hanung, peserta Pasar Harmoni yang berjualan Soto Lesah.