Kabupaten Nunukan ekspor 21 ton rumput laut ke Tiongkok

id ekspor rumput laut, tujuan tiongkok, rumput laut nunukan

Kabupaten Nunukan ekspor 21 ton rumput laut ke Tiongkok

Rumput laut. (ANTARA/ARNAS PADDA)

Nunukan (ANTARA) - Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melakukan pengiriman perdana rumput laut sebanyak 21 ton ke Tiongkok setelah sebelumnya sebanyak tiga kali mengekspor ke Korea Selatan .

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, Dian Kusumanto di Nunukan, Selasa  pengangkutan rumput laut yang akan dikirim ke China tersebut melalui Pelabuhan Tunon Taka sebanyak satu peti kemas atau 21 ton.

Ekspor rumput laut tujuan Tiongkok ini merupakan keempat kalinya, yang mana tiga kali sebelumnya ke Korea Selatan oleh perusahaan yang sama yakni PT Sebatik Jaya Mandiri.

Ekspor perdana ini ke Tiongkok baru direalisasikan karena baru mendapatkan izin registrasi dari negeri tirai bambu ini.

 "Kita baru ekspor rumput laut ke China karena baru dapatkan izin registrasi dari sana (Tiongkok)," ujar dia.

Ia mengharapkan, pada masa yang akan datang eskpor produksi rumput laut daerah itu terus lancar dan berlangsung secara kontinyu, sebab  produksi rumput laut di Kabupaten Nunukan sangat tersedia hingga ribuan ton setiap panen.

"Produksi rumput laut kita sangat siap memenuhi permintaan dari importir,"ujar Dian.

Rumput laut yang dieskpor ke Tiongkok kali ini dalam bentuk "packing" atau sudah dipres sedemikian rupa menggunakan mesin yang disediakan PT Sebatik Jaya Mandiri.

Bahkan, tambahnya, empat kontainer telah disediakan oleh perusahaan ekspor itu namun baru satu kontainer yang terisi. Tetapi pada dasarnya, ketersediaan produksi rumput laut sesuai dengan kualitas yang dikehendaki negara tujuan telah siap diekspor.