Pertahankan budaya, Unila buka S1 Bahasa Lampung

id Pembukaan S1 Bahasa Lampung,Jaga budaya dengan pembukaan S1 Bahasa Lampung,budaya lampung,kebudayaan lampung

Pertahankan budaya, Unila buka S1 Bahasa Lampung

Rektor Universitas Lampung Prof Dr Ir Hasriadi Mat Akin M P saat dimintai Keterangan, Kamis (24/10/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Saya berharap suatu saat ada satu hari berbahasa Lampung di sini seperti di Jawa..
Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Universitas Lampung Prof Dr Ir Hasriadi Mat Akin M P mengatakan bahwa pembukaan S1 Bahasa Lampung di institusi tersebut untuk menjaga kebudayaan Lampung agar tidak hilang ditelan zaman.

"Gubernur Lampung sudah ke pusat untuk meminta pembukaan S1 Bahasa Lampung di Unila, kalo bisa segera jangan sampai tahun depan dapatnya. Kalau bisa tahun ajaran baru sudah ada kepastiannya," katanya di Bandarlampung, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa pembukaan S1 Bahasa Lampung tersebut merupakan bentuk komitmen Pemprov Lampung dalam upaya melestarikan Bahasa Lampung di wilayahnya.

Menurut dia, dengan adanya S1 Bahasa Lampung di Unila akan melengkapi program studi yang sudah ada di perguruan tinggi itu seperti seni tari dan musik Lampung.

Namun, komitmen pemprov untuk melestarikan dan mempertahankan budaya Lampung melalui perguruan tinggi harus didukung dengan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi lulusannya.

"Karena sekali kita buka Bahasa Lampung, lulusannya enggak boleh kerja selain seni Lampung," kata Rektor Unila yang memasuki masa akhir jabatannya.

Dia menilai pemakaian Bahasa Lampung di provinsi ini khususnya di daerah perkotaan sudah mulai berkurang sehingga melalui Program Studi Bahasa Lampung, Unila berupaya untuk mengajak masyarakat mencintai budaya lokal.

"Saya berharap suatu saat ada satu hari berbahasa Lampung di sini seperti di Jawa," kata dia.