HK akan kembangkan kawasan pariwisata terpadu di Lampung Selatan

id Bakauheni, hutama karya, pemrov lampung, asdp, itdc, kawasan pariwisata,sinergi bumn,bakauheni harbour city

HK akan kembangkan kawasan pariwisata terpadu di Lampung Selatan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah), Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo, Dirut ASDP Ira Puspadewi (kedua dari kiri) dan Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer (Foto : Antaralampung/HO/ Hutama Karya)

Lampung Selatan ini menjadi tumpuan wisata yang lengkap karena kita memiliki alam yang indah, pantai-pantai menawan, konservasi, sampai Menara Siger yang terkenal itu, kata Arinal
Bandarlampung (ANTARA) - Menutup triwulan III tahun 2019, PT Hutama Karya (Persero) akan menggarap mega proyek baru di ujung selatan Pulau Sumatera.

Berkolaborasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) (ASDP), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) (ITDC), dan Pemerintah Provinsi Lampung, Hutama Karya (HK) secara resmi akan ikut serta dalam pembangunan kawasan terintegrasi pariwisata di wilayah Bakauheni, Lampung Selatan.

Bertempat di Kantor Gubernur Lampung, Sabtu, manajemen Hutama Karya secara resmi melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) “Pembangunan Kawasan Terintegrasi Pariwisata di Wilayah Bakauheni, Lampung Selatan”. Penandatanganan ini dilakukan antara Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo dengan Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, dengan dibangunnya kawasan terintegrasi pariwisata di Lampung Selatan dapat menjadikan Bakauheni sebagai destinasi alternatif selain Kota Bandung, khususnya bagi warga Ibu Kota untuk menghabiskan akhir pekan atau libur panjang.

“Harapan kami kawasan terintegrasi pariwisata ini tidak hanya menjadi pesona bagi turis asing saja, namun justru meningkatkan minat turis lokal untuk liburan ke sini. Lampung Selatan ini menjadi tumpuan wisata yang lengkap karena kita memiliki alam yang indah, pantai-pantai menawan, konservasi, sampai Menara Siger yang terkenal itu," kata Arinal.

Menurut dia, pembangunan kawasan pariwisata ini memiliki konsep Bakauheni Harbour City , area pembangunannya terletak sebelum gerbang masuk tol Bakauheni Selatan. Proyek ini memiliki visi To Establish Bakauheni Harbour City dengan Positioning Transforming A Gateway Into A Vibrant Waterfront Destination dan digadang-gadang akan menjadi the next Resort World Sentosa di Indonesia. 

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menyampaikan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya sinergi BUMN dan Pemprov Lampung untuk merealisasikan pembangunan kawasan pariwisata terintegrasi ini.

“Kita punya lahan di sekitar Pelabuhan Bakauheni cukup luas, yaitu 91 hektare, lalu Pemprov Lampunng 14,8 ha, dan ASDP itu 69 ha. Tentu jika lahan ini dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik melalui sinergi yang kuat antar BUMN dan Pemprov, mimpi Indonesia untuk memiliki kawasan wisata terintegrasi kelas dunia akan dapat segera terwujud,” kata Perbowo.  

Hadirnya Bakauheni Harbour City dengan sejumlah edutainment yang menyajikan hiburan sekaligus edukasi, kemudahan jalur transportasi, dan akomodasi tentunya akan membawa manfaat yang besar dan daya tarik baru bagi masyarakat Indonesia maupun mancanegara karena hadir dengan konsep dan perencanaan bertaraf internasional serta berada di wilayah yang sangat strategis, katanya.

“Ini juga akan memberikan dampak luar biasa bagi kami di Hutama Karya maupun masyarakat karena kami punya jalan tol ruas Bakauheni–Terbanggi Besar sehingga kami akan mendapatkan traffic dari banyaknya wisawatan yang masuk ke Indonesia, kami juga memberikan mereka jalur transportasi yang nyaman (jalan tol) untuk dapat mengarah langsung menuju Bakauheni Harbour City,” tegasnya 

Proyek ini mengangkat konsep yang fresh dan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia dan bahkan dapat menarik wisatawan dari mancanegara karena mentransformasikan wilayah di area sebelum masuk pintu gerbang tol Bakauheni Selatan menjadi destinasi tepi laut yang penuh dengan semangat dan energi baru yang berdampak positif dari berbagai aspek bagi masyarakat Indonesia.

Hutama Karya nantinya tidak hanya akan menjadi pelaksana/kontraktor dalam pekerjaan proyek ini, tapi juga menjadi pengembang kawasannya. Nantinya, District positioning wilayah direncanakan akan terdiri dari Accomodation and Leisure (Marina & Property, Convention/Exhibition, Waterfront Resort), Attractions & Transport Hub (Flower Hill, Glamping & Hotels, Siger Science Centre, Theme Park/Outbound), serta Amenities & Residential (Residential, Green School, Hospital & Mixed Use).