Harga sawit Bengkulu naik Rp20 per kilogram

id Mukomuko

Harga sawit Bengkulu naik Rp20 per kilogram

Belasan mobil antre menjual tandan buah segar kelapa sawit milik masyarakat petani ke salah satu pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.(Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Harga tandan buah segar kelapa sawit pada tingkat petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada  pekan ini mencapai Rp1.050 per kilogram, naik Rp20 per kg dibandingkan sebelumnya.

“Dalam minggu ini kami menjual buah sawit kepada pedagang pengumpul atau ‘tauke’ Rp1.050 per kg, naik Rp20 per kg, naik dibandingkan minggu sebelumnya sebesar Rp1.030 per kg,” kata Ruhin, seorang masyarakat petani atau pekebun kelapa sawit di Kecamatan Air Manjuto, Sabtu.

Bapak dua anak yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas satu hektare ini mengatakan harga jual buah sawit minggu sebelumnya mencapai Rp1.030 per kg kepada tauke sawit di wilayah ini.

Ia berharap harga jual tandan buah segar kelapa sawit kepada pedagang pengumpul buah sawit di wilayah ini kembali naik agar pendapatan masyarakat petani di wilayah ini juga meningkat.

Ia menyatakan meskipun harga jual tandan buah segar kelapa sawit petani di wilayah ini mengalami kenaikan, namun dengan harga sebesar ini, belum mampu maksimal untuk membeli pupuk untuk bahan penyubur tanamannya.

Petani setempat saat ini hanya hanya mampu membeli pupuk kurang dari lima karung pupuk per hektare. Jumlah ini sangat kurang dari kebutuhan sebanyak lima karung per hektare dengan isi pupuk sebanyak 50 kilogram per karung.

Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto menyatakan instansinya menerima data harga tandan buah segar kelapa sawit tanggal 18 Oktober 2019 dan berdasarkan data harga sawit di sejumlah pabrik di daerah ini naik rata-rata sebesar Rp30 per kg.

Berdasarkan data tersebut harga pembelian sawit oleh pabrik minyak kelapa sawit dalam minggu yakni di PT SSJA Rp1.180 per kg, PT KSM Rp1.220 per kg, PT MMIL Rp1.220 per kg, PT AMK sebesar Rp1.100 per kg.

Selain itu PT SSS sebesar Rp1.170 per kg, PT SAP Rp1.180 per kg, PT KAS Rp1.220 per kg, PT DDP sebesar Rp1.250 per kg, PT USM Rp1.280 per kg, PT BMK Rp1.290 per kg dan PT GSS Rp1.290 per kg.


Baca juga: Harga sawit di Riau naik menjadi Rp26,27/kg

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar