Wisata minum teh Taiwan diunggulkan bagi wisatawan Muslim Indonesia

id Taiwan, wisata halal, wisata ramah muslim,wisata minum teh

Wisata minum teh Taiwan diunggulkan bagi wisatawan Muslim Indonesia

Seorang ahli teh mempraktikkan cara penyajian teh Taiwan dalam acara "Taiwan, the Muslim Friendly Destination" di Jakarta, Rabu (15/10/2019). (ANTARA/Suwanti)

Jakarta (ANTARA) - Minum teh menjadi salah satu unggulan wisata yang ditawarkan oleh Otoritas Taiwan, melalui konsep wisata halal yang mereka sebut sebagai wisata ramah Muslim kepada wisatawan Indonesia.

"Kami ingin memperkenalkan ciri ikonik dari Taiwan sebagai destinasi wisata ramah Muslim, salah satunya teh Taiwan yang berkualitas baik, organik, tanpa bahan kimia," ujar Direktur Pusat Informasi Wisata Taiwan, Fanny Low, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, ada jaminan kualitas bahwa teh Taiwan sangat baik untuk wisatawan Indonesia, khususnya Muslim, karena tidak mengandung zat ataupun melibatkan proses yang nonhalal.

Wisata minum teh bisa dinikmati di kota-kota seluruh Taiwan, namun Fanny menyarankan wisatawan yang belum pernah mengunjungi Taiwan sebelumnya untuk pergi ke tiga kota besar utama di sana.

"Kami akan menyarankan wisatawan Indonesia untuk pergi ke Ibu Kota Taipei di utara, lalu ke Taichung di tengah, dan Kaohsiung di selatan. Ketiganya terletak di tepi barat pulau Taiwan," kata Fanny.



Dia menambahkan bahwa di ketiga kota itu, wisatawan Indonesia akan dapat dengan mudah menemukan fasilitas wisata ramah Muslim, seperti restoran dan penginapan halal.

Selain wisata minum teh, Fanny menyebut, pasar malam khususnya di ibu kota Taipei menjadi wisata unggulan lain yang patut dicoba dengan adanya empat hingga lima pasar malam yang selalu buka setiap hari dalam kondisi apapun di sana.

Saat ini, Taiwan sedang gencar mempromosikan pariwisata ramah Muslim untuk menggaet lebih banyak wisatawan asal Indonesia, mengingat populasi Muslim Indonesia merupakan yang terbesar di dunia namun angka kunjungan wisata ke pulau itu relatif masih rendah.

Menurut catatan Pusat Informasi Wisata Taiwan, pada tahun 2018 wisatawan Indonesia yang mengunjungi Taiwan berkisar pada angka 53.000 dari total keseluruhan wisatawan dari seluruh dunia sebanyak 11 juta orang.