Pemilihan rektor Unila akan dilaksanakan 17 Oktober 2019

id Pilrek unila 17 Oktober 2019,Unila laksankan pilrek 17 oktober 2019

Pemilihan rektor Unila akan dilaksanakan 17 Oktober 2019

Ketua Senat Unila Prof Heriyandi (tengah) bersama Ketua Panja Pilrek Unila Prof Wan Abbas Zakaria (kanan), saat memberikan keterangan, di Bandarlampung, Selasa (15/10/2019). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

"Tiga calon Rektor Unila tersebut, yakni Prof Dr Karomani dari FISIP, Prof Dr Bujang Rahman dari FKIP, dan Prof Muhammad Kamal dari Fakultas Pertanian,"

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Senat Universitas Lampung (Unila) Prof Heriyandi mengatakan bahwa pemilihan rektor Unila akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2019, setelah pihaknya bertemu dengan Sekjen Kemenristekdikti.

"Penetapan tanggal pilrek tersebut didapatkan setelah kami bersilaturahmi dan mendiskusikan dengan Sekjen Kemenristekdikti untuk pelaksanaan pilrek yang akan disaksikan menteri atau perwakilannya," kata Heriyandi, di Bandarlampung, Selasa.
Baca juga: Mahasiswa Unila peduli atas pemilihan rektor 2019

Ia juga mengatakan bahwa penetapan tanggal pilrek pada 17 Oktober 2019 tersebut berdasarkan surat dari Menristekdikti Nomor: R/693/M/KP.03.02/2019.

"Tiga calon Rektor Unila tersebut, yakni Prof Dr Karomani dari FISIP, Prof Dr Bujang Rahman dari FKIP, dan Prof Muhammad Kamal dari Fakultas Pertanian," kata dia lagi.

Dia menjelaskan pula, sebelum menetapkan tanggal pilrek Unila periode 2019-2023, pihaknya pun telah menyampaikan rekam jejak ketiga calon rektor tersebut ke Menristekdikti.

"Rekam jejak ini diminta juga oleh BIN dan BNPT agar Menristekdikti dapat menilai secara persis semua kandidat," kata dia pula.
Baca juga: Mahasiswa Unila unjuk rasa, apa motifnya ?

Heriyandi berharap pada pilrek Unila kali ini akan berjalan sesuai harapan dan semua pihak yang terlibat dapat menjalankan demokrasi yang santun dan sejuk.

Ketua Panja Pilrek Unila Prof Wan Abbas Zakaria mengungkapkan, sidang pilrek Unila akan berlangsung secara tertutup bersama semua anggota senat dan perwakilan dari Kemenristekdikti.

Dia menyatakan bahwa pilrek Unila akan dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB yang digelar di Gedung Rektorat Unila lantai 2.

"Untuk pemilihan kami menggunakan sistem coblos dari semua anggota senat, tapi suara tetap 65 persen berasal dari anggota senat yang hadir dan 35 persen dari Kemenristekdikti," kata dia pula.