Gol telat Norwegia tunda kelolosan Spanyol pada final Piala Eropa 2020

id timnas spanyol,timnas norwegia,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020

Gol telat Norwegia tunda kelolosan Spanyol pada final Piala Eropa 2020

Gelandang serang tim nasional Norwegia Martin Odegaard (kiri) berebut bola dengan bek Spanyol Jesus Navas dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Ullevaal, Oslo, Norwegia, Sabtu (12/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/NTB SCANPIX/Tore Meek)

Jakarta (ANTARA) - Spanyol terpaksa harus pulang dengan hasil imbang 1-1 dan menunda kelolosan mereka ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah sebuah gol telat yang dicetak tim nasional Norwegia. 

Bertanding dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Ullevaal, Oslo, Norwegia, pada Sabtu setempat (Minggu WIB), Spanyol sempat unggul sejak awal babak kedua lewat Saul Niguez.

Saul membawa Spanyol unggul saat babak kedua baru berusia dua menit, dengan tembakan melengkungnya dari tepian kotak penalti yang memperdaya kiper Rune Jarstein, demikian catatan laman resmi UEFA.

Keunggulan Spanyol bertahan cukup lama bahkan hingga menjelang bubaran, meski La Furia Roja gagal menambahnya ketika memperoleh peluang lewat Fabian Ruiz pada menit ke-67 yang hanya menyerempet bagian atas mistar gawang.

Baca juga: Ramos pecahkan rekor timnas Spanyol

Namun, pada menit pertama injury time tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti setelah bek Omar Elabdelloui bertabrakan dengan kiper Kepa Arrizabalaga dalam perebutan bola udara.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Joshua King untuk menjebol gawang Kepa dan memaksakan kedudukan akhir pertandingan menjadi 1-1.

Hasil imbang tersebut tak mempengaruhi posisi Spanyol pada puncak klasemen Grup F dengan 18 poin, namun kelolosan mereka tertunda karena Spanyol masih dalam jarak kejar berupa tujuh poin dari tim peringkat ketiga, yang diduduki Rumania (11) usai menang pada laga lebih awal.

Baca juga: Italia melaju ke putaran final Piala Eropa 2020

Sementara itu, Norwegia (9) yang berada pada peringkat keempat masih berpeluang untuk mencuri satu tiket ke putaran final.

Norwegia berpeluang untuk mengejar jarak ketertinggalan yang ada saat bertandang ke Rumania dalam laga selanjutnya di Stadion Nasional, Bucharest, pada Rabu (16/10) dini hari WIB.

Sedangkan Spanyol bisa memastikan kelolosan mereka jika meraih hasil positif dalam lawatan ke Swedia pada hari yang sama.



Susunan pemain:

Norwegia (4-4-1-1): Rune Jarstein; Omar Elabdelloui, Havard Nordtveit (Even Hovland), Kristoffer Ajer, Haitam Aleesami; Stefan Johansen (Alexander Sorloth), Markus Henriksen (Bjorn Johnsen), Sander Berge, Ole Selnaes; Martin Odegaard; Joshua King
Pelatih: Lars Lagerback

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Jesus Navas, Raul Albiol, Sergio Ramos, Juan Bernat (Inigo Martinez); Fabian Ruiz, Sergio Busquets, Saul Niguez; Rodrigo Moreno, Mikel Oyarzabal (Rodri Hernandez), Dani Ceballos (Santi Cazorla)
Pelatih: Robert Moreno

Baca juga: Timnas Inggris terjungkal di Ceko, telan kekalahan perdana
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar