PGN bersama Innovesia gelar "PGN Energy Startup Competition 2019"

id Pgn,PGN Energy Startup Competition 2019, pgn energi

PGN bersama Innovesia gelar "PGN Energy Startup Competition 2019"

PGN Energy Startup Competition 2019. ANTARA/HO-PGN

Bandarlampung (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama Innovesia menggelar PGN Energy Startup Competition 2019, untuk mendorong inovator teknologi sektor energi.

"Kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini mengambil tema 'Inovasi Gas dan Energi Terbarukan'," kata Direktur Komersial Dilo Seno Widagdo dalam keteranganya, Rabu.

Ia menyebutkan melalui kegiatan ini PGN sebagai subholding gas berusaha untuk mendorong munculnya startup dan inovator teknologi di sektor energi, khususnya yang berkaitan dengan gas bumi dan energi ramah lingkungan atau hijau.

"Sektor energi sangat strategis bagi perekonomian dan kemajuan sebuah negara. Karena itu munculnya startup-startup di bidang energi akan sangat penting bagi upaya penguatan ketahanan energi Indonesia. Itulah salah satu tujuan diselenggarakannya kompetisi ini," kata Dilo.

Baca juga: PT PGN committed to turning CNG into environmentally-friendly energy

Pembukaan kompetisi ini juga dihadiri Chairperson Purnomo Yusgiantoro Center Filda Citra Yusgiantoro dan Founder Yoberbagid and Power Expert System Tractebe Dr. Muhamad Reza sebagai narasumber, Selasa (8/10/2019).

Dalam ajang ini berbagai startup berbakat, baik perangkat lunak dan keras ikut berpartisipasi.

Sebagai rangkaian kegiatan, PGN Energy Startup Competitions 2019 akan menggelar roadshow di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Selanjutnya digelar bootcamp di Megamendung, Bogor yang diikuti Pitching Day di Jakarta.

Business Development PGN Zulvikar Sani Putra menjelaskan PGN Energi Startup Competition merupakan program inovasi terbuka untuk mengurasi pengembang usaha teknologi rintisan dan pemilik ide/solusi.

Dalam kegiatan ini, PGN bermitra dengan publik, instansi pemerintah, unit-unit bisnis, perusahaan induk, asosiasi, akademik, startup, developer, dan komunitas.

"Pada kompetisi ini peserta diberi tantangan bagaimana PGN bersama startup bisa mengembangkan energi ramah lingkungan yang berkelanjutan, memaksimalkan penggunaan gas untuk komersial dan mengoptimalkan penggunaan energi di dalam rumah tangga," jelasnya.

Baca juga: PGN dukung pengembangan gas bumi di ibu kota baru

Zulfikar menambahkan, peserta kompetisi juga diberikan kebebasan dalam pemanfaatan teknologi, baik menggunakan teknologi loT, big data, Al, dan machine learning.

"Juara dan peserta bootcamp nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk langsung bergabung dalam program inkubasi PGN Energi, dengan kesempatan untuk diberikan fasilitas dan pendanaan," tambah Zulvikar.

Sebagai pionir pemanfaatan gas bumi, PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 10 ribu kilometer jaringan pipa gas dan melalui lebih dari 300 ribu konsumen dari berbagai segmen pasar.

PGN menyalurkan gas bumi dengan skema pipa, liquefied natural gas (LNG) dan compressed natural gas (CNG).

PGN akan terus melakukan inovasi untuk mendukung terwujudnya kemandirian dan ketahanan energi nasional melalui pemanfaatan gas bumi yang terbukti efisien, ramah lingkungan dan aman.