Tari Legong Lasem dan wayang kulit meriahkan festival Indonesia di Osaka

id Indonesia Japan Festa 2019,Indonesia Jepang,Osaka,Mirza Nurhidayat,Wayang Kulit,Legong Lasem

Tari Legong Lasem dan wayang kulit meriahkan festival Indonesia di Osaka

Grup seni Hana Joss menampilkan pagelaran Wayang Kulit pada Indonesia-Japan Festa 2019 di Osaka, Jepang, pada 5-6 Oktober. (ANTARA/HO/KJRI Osaka)

Jakarta (ANTARA) - Pertunjukan kesenian tradisional Wayang Kulit dan Tari Legong Lasem memeriahkan festival budaya "Indonesia-Japan Festa 2019" yang digelar oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka, Jepang di Riverplace Palza Namba Hatch pada 5-6 Oktober. 

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Osaka Mirza Nurhidayat dalam keterangan tertulis KJRI Osaka yang diterima di Jakarta pada Senin menyampaikan bahwa festival budaya itu digelar untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke masyarakat Jepang, khususnya para generasi muda, serta memperkuat kerja sama di bidang kebudayaan dan hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) kedua negara.

Selain itu, festival budaya bertajuk "Experience Our Wonderful Culture, Explore Our Creative Economy" itu juga bertujuan untuk mempromosikan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Indonesia di bidang kuliner, kesehatan, kecantikan, adibusana, dan pariwisata kepada masyarakat Jepang di Osaka.

"Sesuai dengan tema tersebut, kita tampilkan beragam pertunjukan budaya dan produk-produk ekonomi kreatif hasil kerajinan masyarakat Indonesia," kata Konjen Mirza.

Berdasarkan keterangan KJRI Osaka, kegiatan "Indonesia-Japan Festa 2019" yang berlangsung selama dua hari itu dihadiri oleh sekitar 5.000 orang pengunjung.

Menurut Mirza, para pengunjung menunjukkan tanggapan yang cukup positif terhadap festival budaya itu karena tidak hanya menampilkan pagelaran seni, tetapi juga mengadakan undian tiket pesawat dan kupon hotel gratis berwisata di Bali untuk dua warga Jepang.

Undian dengan hadiah paket wisata ke Bali itu juga merupakan ajang promosi pariwisata Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia, kata Mirza.

Dalam festival itu, selain pagelaran Wayang Kulit dari grup seni Hana Joss dan Sendratari Legong Lasem oleh Chandra Baskara, penyelenggara juga menampilkan lokakarya membuat batik, serta pertunjukan musik dari Syn Chordia, grup musik KRD 8, serta Dozan 11, penyanyi Reggae asal Osaka.

Indonesia-Japan Festa pertama kali diadakan di Osaka pada 2018 untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Festival itu kembali diselenggarakan oleh KJRI di Osaka pada 2019 lewat kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia, Misato Town Government, Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), dan asosiasi pengusaha dari dua negara.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar