Puan Maharani tunjukkan perempuan bisa berprestasi dalam politik

id puan maharani,politisi perempuan,ketua dpr

Puan Maharani tunjukkan perempuan bisa berprestasi dalam politik

Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani (kanan) mengacungkan palu disaksikan Wakil Ketua M Aziz Syamsuddin (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (kedua kiri), Rahmad Gobel (ketiga kiri), dan Muhaimin Iskandar (keempat kiri) usai pelantikan dalam Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

"Saya ingin membuktikan bahwa perempuan dalam berpolitik juga bisa berprestasi, bisa sejajar seimbang dengan laki-laki," kata Puan Maharani.
Jakarta (ANTARA) - Motivasi politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani menjadi ketua DPR antara lain untuk menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berprestasi dalam politik.

"Saya ingin membuktikan bahwa perempuan dalam berpolitik juga bisa berprestasi, bisa sejajar seimbang dengan laki-laki," kata Puan, di Jakarta, Sabtu.
Baca juga: Puan jadi Ketua DPR, Analis: Ubah citra DPR saja tidak cukup

Puan berharap keterpilihan dia sebagai ketua DPR bisa memotivasi perempuan-perempuan lain untuk terjun ke gelanggang politik dan membawa angin segar ke dunia perpolitikan Indonesia.

Saat ditanya apakah sebagai ketua DPR perempuan pertama di Indonesia dia merasa terbebani, Puan menjawab bahwa menjadi wakil rakyat pasti selalu memiliki beban atau tanggung jawab.

"Yaitu tanggung jawab untuk menyalurkan aspirasi rakyat yang mereka titipkan kepada wakil rakyat yang mereka pilih," kata Puan, putri Megawati Soekarnoputri, presiden RI kelima yang kini menjabat sebagai ketua umum DPP PDI Perjuangan.
Baca juga: Puan Maharani resmi Ketua DPR RI periode 2019-2024

Puan mengatakan, sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua DPR, dia hanya ingin bekerja sebaik mungkin membawa aspirasi dari rakyat yang dia wakili.

Puan Maharani merupakan anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Pada Pemilu 2019, Puan meraih suara terbanyak di tingkat nasional dengan perolehan suara 404.034 suara.

Sebanyak 575 anggota DPR dari sembilan partai politik dan 136 anggota DPD dari 34 provinsi hasil Pemilu 2019 telah dilantik pada Selasa (1/10).

Pemimpin DPR, DPD, dan MPR telah dipilih dan ditetapkan. Puan Maharani ditetapkan sebagai ketua DPR, La Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai ketua DPD, dan Bambang Soesatyo ditetapkan sebagai ketua MPR.