KCNA: Korut sukses uji coba rudal balistik dari kapal selam

id Uji coba rudal,Korea Utara,Rudal balistik Korut

KCNA: Korut sukses uji coba rudal balistik dari kapal selam

Sebuah rudal diluncurkan dalam sebuah latihan militer di Korea Utara, Jumat (10/5/2019) seperti yang terlihat dalam foto rilis dari Korean Central News Agency (KCNA). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/wsj.

Seoul (ANTARA) - Pemerintah Korea Utara menyatakan pada Kamis bahwa pihaknya berhasil meluncurkan sebuah tipe baru peluru kendali balistik  dari kapal selam di laut lepasnya di bagian timur pada Rabu.

Peluncuran tersebut terjadi sehari setelah Korea Utara mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan dengan Amerika Serikat mengenai diakhirinya program nuklirnya. Hal itu dipandang para pengamat sebagai uji coba paling provokatif oleh Korea Utara sejak mulai mengadakan pembicaraan dengan AS tahun 2019.

Tipe baru rudal SLBM itu yang diberi nama Pukguksong-3 "ditembakkan dalam posisi vertikal," kantor berita resmi Korea Utara KCNA melaporkan, membenarkan penilaian oleh militer Korea Selatan pada Rabu bahwa misil itu diluncurkan pada sudut yang tinggi.

"Uji coba tipe baru SLBM berhasil dan menjadi sangat penting sementara dilakukan dalam fase baru menghadapi ancaman kekuatan dari luar kepada DPRK dan meningkatkan kekuatan militernya untuk pertahanan diri," kata KCNA.

DPRK adalah singkatan "Democratic People's Republic of Korea", nama resmi Korea Utara.

Ditambahkan, "uji coba itu tidak menimbulkan dampak negatif atas keamanan negara-negara tetangga."

Foto-foto peluncuran misil itu yang dimuat di surat kabar Rodong Sinmun menunjukkan rudal bercat hitam dan putih tersebut muncul dari air terbang ke langit abu-abu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un "mengirim ucapan selamat atas keberhasilan tersebut" kepada mereka yang sudah melaksanakan uji coba, kata KCNA, yang mengindikasikan bahwa Kim tidak berada di tempat itu.
Baca juga: Korut kembali luncurkan rudal balistik

Sumber: Reuters