Aksi demo Irak tewaskan 12 orang, termasuk polisi

id Jumlah korban,Demonstrasi Irak,Provinsi Dhi Qar,12 tewas di Irak

Aksi demo Irak tewaskan 12 orang,  termasuk polisi

Sedikitnya 12 orang telah tewas dalam protes anti-pemerintah di seluruh Irak, yang meletus awal pekan ini (Anadolu Agency)

Baghdad, Irak (ANTARA) - Demo anti-pemerintah berlangsung di seluruh Irak, yang meletus awal pekan ini. Aksi itu mengakibatkan sedikitnya 12 orang tewas,  termasuk polisi.

Beberapa sumber rumah sakit, Kamis,  mengatakan bahwa tujuh orang lagi --enam demonstran dan satu polisi-- tewas di Provinsi Dhi Qar di bagian selatan negeri tersebut pada Rabu (2/10), setelah jam malam diumumkan.

Jumlah orang yang cedera juga naik jadi 112 --97 demonstran dan 15 polisi, kata beberapa sumber di Rumah Sakit Kejuruan Husyaniya di provinsi tersebut, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis. Mereka tak mau disebutkan jatidiri mereka karena pembatasan berbicara dengan media.

Banyak perempuan ikut dalam protes hari kedua pada Rabu, sementara pasukan keamanan berada dalam siaga penuh, dan menutup beberapa bundaran dan jalan di Baghdad.

Dewan Keamanan Nasional negeri itu mengadakan pertemuan darurat dengan Perdana Menteri Adil Abdul-Mahdi guna membahas cara menangani keadaan.

Satu sumber keamanan mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu bahwa beberapa pemrotes membakar beberapa gedung pemerintah di Provinsi Dhi Qar dan Najaf.


Sumber: Anadolu Agency
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar