Hanya Waykanan daerah di Lampung yang dapat penghargaan STBM tingkat nasional

id Stbm, odf, kesehatan waykanan, waykanan, bupati adipati, adipati, menkes, kemenkes, penghargaan

Hanya Waykanan daerah di Lampung yang dapat penghargaan STBM tingkat nasional

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya saat menerima penghargaan dari Mentri Kesehatan Indonesia Nila F Moeloek, di Jakarta Rabu sore (ANTARA/HO/Humas Waykanan)

Waykanan (ANTARA) - Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan yang diterima langsung oleh Bupati Raden Adipati Surya,dari Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek pada Rabu (2/10)..



“Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak,  baik dari dinas kesehatan, Puskesmas, TNI, Polri, kepala kampung, camat dan lainnya yang sudah ikut menyukseskan program stop buang air besar sembarangan,” ujar Raden Adipati Surya, saat dihubungi sedang di Jakarta, Kamis.



Menurutnya, Penghargaan STMB yang diraih ini merupakan keberhasilan Kabupaten Waykanan dalam penerapan program stop buang air besar sembarangan (BABS/ODF). Ini juga merupakan langkah Pemkab untuk memobilisasi masyarakat dalam penyediaan layanan sanitasi berkelanjutan berbasis masyarakat tahun 2019.



Selain itu, penghargaan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak, dan terutama masyarakat yang sudah ikut berperanserta dalam program stop buang air besar sembarangan.



“Apresiasi yang tinggi atas kerja keras dari dinas kesehatan serta dukungan penuh masyarakat. Melalui upaya ini, Waykanan bisa meraih penghargaan tingkat nasional tersebut,” katanya



Adipati mengatakan, penghargaan ini merupakan luar biasa, khususnya yang belum ada satu tahun penerapan ODF di tingkat Kabupaten Waykanan, karena masyarakat saat ini sadar betapa penting kesehatan bagi tubuh kita semua.



Sebagai informasi, Kabupaten Waykanan memperoleh penghargaan STBM Award dari Menteri Kesehatan bersama 19 kabupaten/kota di Indonesia. Waykanan satu-satunya kabupaten/kota dari Lampung yang meraih penghargaan tersebut

Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar