Seminari Tinggi St Mikhael menggelar pameran seni dan budaya

id pameran seni dan budaya

Seminari Tinggi St Mikhael menggelar pameran seni dan budaya

Sjumlah hasil karya seni dan budaya ditampilkan dalam pameran seni dan budaya yang digelar Sekolah Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang yang berlangsung dari 25-26 Sepetember 2019. (ANTARA FOTOKatarina Lamablawa)

Dalam pameran seni budaya kali ini kami menonjolkan kekhasan etnik-etnik di NTT seperti dari Belu, Alor, dan Sumba.
Kupang (ANTARA) - Sekolah Seminari Tinggi St. Mikhael Kupang di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar pameran seni dan budaya yang mengangkat kekhasan etnik sejumlah daerah di provinsi setempat yang berlangsung dari 25-26 Sepetember 2019.

“Dalam pameran seni budaya kali ini kami menonjolkan kekhasan etnik-etnik di NTT seperti dari Belu, Alor, dan Sumba,” kata Ketua Panitia Pameran, RD Oktovianus Kosat kepada ANTARA di Kupang, Kamis (26/9).

Kegiatan pameran mengusung tema "Hidup Orang-Orang Terpanggil dalam Keberagaman Budaya" itu menampilkan beragam produk budaya seperti kain tenun ikat, ukiran, lukisan, serta hasil kerajinan tangan lainnya.

Dia mengatakan, kekayaan budaya dari tiga daerah yang diangkat dalam pameran tersebut sesuai dengan ciri khas budaya para Seminari Tinggi St Mikhael yang sebagian besar berasal dari Keuskupan Atambua, Waetabula, dan Keuskupan Agung Kupang.



“Sehingga melalui pameran ini para seminaris diajak untuk memiliki rasa kecintaan terhadap budaya, terutama dalam keberagaman budaya NTT dan Indonesia,” katanya.

Menurutnya, akhir-akhir ini ajakan untuk mencintai kembali budaya dari berbagai pihak mulai muncul di permukaan. Di lingkungan birokrasi, misalnya, aparatur sipil negara di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota diwajibkan mengenakan pakaian bermotif etnik tertentu.

“Karena itu kami berharap bahwa kegiatan semacam ini juga dapat menjadi kontribusi sekolah seminari dalam mendukung gerakan secara masif untuk pelestarian budaya,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan pameran tersebut merupakan bagian dari agenda tahunan untuk memeriahkan pesta keluarga Seminari Tinggi St. Mikhael dalam memperingat pesta pelindung di sekolah para calon rohaniwan katolik itu.
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar