Menko Perekonomian : Gejolak politik di AS jadi keuntungan bagi Indonesia

id Darmin nasution,ekonomi nasional,pemakzulan trump,politik as

Menko Perekonomian :  Gejolak politik di AS jadi keuntungan bagi Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Humas Kemenko Perekonomian)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ketidakpastian politik di Amerika Serikat (AS) tekait kemungkinan pemakzulan Presiden Donald Trump dapat memberikan keuntungan bagi ekonomi nasional.

"Negara maju seperti AS yang menjadi safe haven, kalau ada masalah, kita ada untungnya," kata Darmin Nasution di Jakarta, Jumat.

Darmin Nasution menjelaskan kondisi politik tersebut juga disertai oleh faktor positif lainnya yaitu era penurunan suku bunga acuan di tingkat global yang dapat memicu investasi.

Dengan kondisi tersebut, ia menegaskan Indonesia bisa mencari peluang dari ketidakpastian itu, melalui masuknya aliran modal ke negara berkembang.

"Karena AS menurunkan tingkat bunga, maka kita juga, apakah itu baik atau tidak, itu baik," ujar Darmin Nasution.

Sebelumnya, Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengumumkan inisiasi penyelidikan pemakzulan resmi terhadap Presiden Donald Trump atas pembicaraan telepon kontroversial yang terakhir dengan Presiden Ukraina.

Pelosi menyatakan DPR yang dikuasai Demokrat akan mencari tahu apakah Presiden Donald Trump meminta bantuan Ukraina untuk membantu penyelidikan Joe Biden.

Biden merupakan mantan wakil Barack Obama yang menjadi salah satu penantang utama Trump dalam Pemilihan Presiden AS pada 2020.