Tingkatkan minat baca pelajar, Waykanan aktifkan perpustakaan kampung

id Minat baca, waykanan, pemkab waykanan,minat baca pelajar

Tingkatkan minat baca pelajar, Waykanan aktifkan perpustakaan kampung

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat berfoto bersama pada saat pencanangan hari gerakan bersama membaca buku bagi pelajat Kabupaten Waykanan tahun 2019 (Antaralampung /Emir F Saputra)

Waykanan (ANTARA) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Waykanaan, Juanda mengatakan bahwa pemkab setempat mendukung program meningkatkan minat baca  para pelajar di Kabupaten Waykanan.

“Pada awal memang perlu kita sedikit paksa siswa untuk datang ke perpustakaan, untuk membentuk kebiasaan. Setelah mereka terbiasa dengan rutinitas ini, harapan kami tumbuh minat baca pada setiap siswa,” katanya di Blambangan Umpu, Waykanan, Rabu. 

Menurutnya, kunjungan ke perpustakaan dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar gemar membaca dan mengambil ilmu dari buku yang dibaca. 

"Selain itu, peran perpustakaan di sebuah negara sangatlah penting. Perpustakaan adalah institusi yang turut berperan melestarikan kebudayaan dan ilmu pengetahuan sebuah bangsa. Perpustakaan itu menggambarkan perkembangan ilmu pengetahuan suatu negara. Apa yang dihasilkan oleh generasi-generasinya, ada di sana,” kata Juanda.

Juanda menjelaskan, kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh minat baca masyarakatnya. Terlebih, saat ini dihadapkan pada kenyataan rendahnya minat baca penduduk Indonesia, termasuk di kalangan anak-anak.

“Seperti yang kita baca dari sejumlah media, data UNESCO menunjukkan pada 2012 persentase minat baca anak Indonesia sekitar 0,001 persen saja. Perbandingannya, hanya satu dari 10.000 anak yang punya kegemaran membaca," katanya.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar